Health

8 Buah Penurun Demam Anak

By  | 

Saat Si Kecil demam, selain memberinya obat demam, ternyata buah juga bisa membantu menurunkan demam Si Kecil.

Mendapati Si Kecil mengalami demam tentu membuat kita khawatir. Memberinya obat penurun panas ataupun kompres memang bisa membantu menurunkan panasnya. Namun selain kedua hal tersebut, Mamas juga bisa memberi Si Kecil beberapa buah yang berkhasiat menurunkan demam Si Kecil. Tak hanya bermanfaat untuk menurunkan demamnya, buah-buahan ini juga dapat berfungsi untuk meningkatkan imunitasnya lho, Mams!.

1.Kelapa

Air kelapa mengandung mineral dan ion tinggi sehingga bisa menjadi pengganti cairan yang hilang selama Si Kecil demam. Mineral dan ion dalam air kelapa juga bisa diandalkan sebagai penurun suhu tubuh.

2.Melon

Melon memiliki khasiat sebagai penurun panas karena kandungan airnya yang begitu tinggi, sehingga tubuh penderita demam yang mengonsumsi melon dapat kembali bugar dengan lebih cepat. Hal ini dapat terjadi karena melon yang kaya akan vitamin E dan A yang tinggi, serta kandungan karotenoid di dalamnya, dapat membantu suhu tubuh kembali normal dan metabolisme kembali terjaga.

3.Semangka

Kandungan air di dalam buah semangka mencapai 91%. Ketika suhu tubuh meningkat, dan tubuh Si Kecil mengalami kekurangan cairan, maka semangka adalah buah yang tepat untuk dikonsumsi agar suhu cepat turun. Buah semangka yang kaya nutrisi, seperti vitamin B6, karbohidrat dan juga kalium, juga dapat menjaga tubuh Si Kecil tetap bugar dan fresh.

4.Jeruk

Jeruk merupakan buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi, yang dapat membantu mengembalikan imunitas Si Kecil. Ketika imunitas Si Kecil membaik, maka suhu badan yang tinggi pun akan turun. Tak hanya itu, jeruk kaya akan antioksidan dan vitamin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

5.Pisang

Kalium dan cairan yang hilang dari tubuh akan dapat digantikan oleh buah pisang. Kalium selain dapat menggantikan cairan yang hilang juga dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga Si Kecil bisa cepat pulih.

6.Anggur

Sama halnya dengan jeruk, anggur juga termasuk dalam buah yang mengandung antioksidan tinggi. Itu sebabnya, anggur bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi Si Kecil yang sedang demam.

7.Apel

Vitamin dan mineral dalam buah apel, berkhasiat menjaga kesehatan tubuh, termasuk salah satunya untuk menurunkan demam Si kecil. Satu buah apel diketahui memiliki efek antioksidan yang setara dengan 1500 mg akan vitamin C yang bisa menjaga kesehatan tubuh Si Kecil.

8.Pepaya

Buah yang satu ini adalah buah tepat untuk menurunkan demam Si Kecil yang cukup tinggi. Sistem ketahanan tubuh yang menurun akan kembali meningkat karena kadar vitamin C yang tinggi di dalam pepaya. Selain vitamin C, betakaroten serta vitamin E di dalam pepaya pun dapat mengurangi inflamasi di seluruh tubuh.

Satu yang perlu Mamas ingat, berikan buah-buah tersebut dalam bentuk aslinya (buah potong), bukan dalam bentuk kemasan. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares