Parenting

Kapan Usia Tepat Melatih Si Kecil Menggunakan Sendok?

By  | 

Melatih keterampilan Si Kecil dalam menggunakan peralatan makannya sendiri, nantinya bisa mempermudah Mamas dalam mengajarkan Si Kecil untuk dapat makan sendiri.

Namun tentunya hal ini baru bisa Mamas lakukan ketika Si Kecil memang sudah siap dan memiliki keinginan sendiri untuk mau belajar ya, Mamas! Lalu apa tanda Si Kecil sudah bisa dilatih menggunakan sendok dan garpu makannya?

Menurut berbagai penelitian, dikatakan bahwa Si Kecil sudah bisa diajarkan makan sendiri sejak ia berusia 10-18 bulan, dimana kemampuan motoriknya sudah semakin matang.

Melatih Si Kecil menggunakan peralatan makannya sendiri, selain melatihnya agar lebih mandiri, juga dapat menstimulasi kemampuan motoriknya. Memang sih, prosesnya tidak akan mudah dan membutuhkan kesabaran. Namun setidaknya dengan melakukan beberapa hal berikut ini, melatih Si Kecil akan terasa lebih mudah bagi Mamas.

1.Mengenali tanda kesiapan Si Kecil. Sebelum Mamas mengajari Si Kecil menggunakan sendok, Anda perlu memerhatikan apakah Si Kecil sudah menunjukkan tanda bahwa dirinya sudah tertarik menggunakan sendok. Hal ini bisa dilihat ketika Anda memberinya sendok, bagaimana responnya? Bila ia tampak tidak merespons atau bergerak aktif saat diberikan sendok tersebut, maka ia memang belum siap belajar menggunakan sendok.

2.Ajari kapan harus memakai sendok atau garpu. Bedakan kapan saat Si Kecil perlu menggunakan sendok, dan kapan ia bisa menggunakan garpu saat makan, lewat jenis makanannya. Si Kecil dapat menggunakan sendok saat ia makan bubur atau nasi tim, dan menggunakan garpu saat Anda menyuguhkan buah potong untuknya.

3. Gunakan sendok-garpu sesuai usia Si Kecil. Perlu Mamas pahami, ukuran sendok Si Kecil berbeda sesuai usianya. Karena itu, menggunakan sendok – garpu yang tepat sesuai usianya juga akan memudahkan Si Kecil untuk melatih kemampuannya menggunakan sendok ataupun garpu.

4.Gunakan high chair. Saat waktu makan, Mamas bisa mendudukkan Si Kecil di highchair atau menggunakan kursi dan meja yang sesuai dengan tubuh Si Kecil. Dengan begitu, ia akan lebih mudah menggunakan peralatan makannya.

Ingat ya Mamas, proses ini tak singkat dan membutuhkan kesabaran ekstra. Makanan tumpah dan baju kotor terkena makanan sudah pasti tak akan terhindarkan. Selamat mencoba! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares