Mind

Tetap Berpikir Positif dalam Kondisi Kritis? Bisa!

By  | 

Dalam situasi kritis seperti mewabahnya pandemi Virus Covid 19 yang merebak belakangan ini membuat kita khususnya para Mama menjadi khawatir. Alih – alih, sebagian masyarakat memutuskan untuk membeli kebutuhan sehari – hari dalam jumlah besar. Psikolog Elizabeth Santosa, MPsi, Psi, SFP, ACC berbagi pendapat, bahwa sebenarnya kita masih tetap bisa kok, tetap tenang dalam situasi krisis.



Beberapa langkah berikut dapat membantu Mamas untuk latihan berpikir positif di tengah krisis:

  • Buat daftar belanja. “Saya sendiri membuat Covid 19 shopping list untuk berbelanja setiap 2 minggu sekali. Tidak perlu berlebihan, tapi harus patuh pada daftar untuk mengurangi risiko bertambahnya barang belanja di luar kebutuhan utama,” ungkap mama dari tiga orang anak ini.
  • Dibalik musibah ini, yakinkan diri banyak hal positif yang tersembunyi. Misalnya saat mengisolasi diri di rumah, mamas dapat melakukan berbagai hal yang sudah jarang dilakukan sebelumnya: berkebun, membaca buku, bermain dengan anak – anak, atau jadi lebih memperhatikan asupan makanan sehat karena harus memasak sendiri di rumah.
  • Anak – anak akan tetap terjaga kesehatannya, asal kita mau menjaga asupan makanan & memberinya waktu untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari.
  • Pikiran positif menyehatkan tubuh! Yang paling penting, mengusahakan untuk tetap berpikiran positif (dengan olahraga, meditasi, atau menghirup udara segar di pagi hari) karena dari pikiran yang sehat, akan melepaskan hormon -hormon endorfin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat.

Pastikan bekerjasama dengan pasangan untuk ikut menjalankan gaya hidup sehat, sehingga bisa menjadi contoh bagi anak – anak agar mereka bisa melakukan hal serupa. (Baca juga: 6 Langkah Cegah Corona Versi WHO) (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares