Beauty & Style

Kulit Tetap Lembut Meski Sering Cuci Tangan

By  | 

Cuci tangan dianggap dapat menjauhkan kita dari berbagai bakteri dan virus, dimana salah satunya adalah Covid-19. Namun imbasnya, terlalu sering mencuci tangan juga bisa membuat kulit jadi kering.

Agar terhindar dari kulit yang kering, tentunya kita harus tetap menjaga kelembabannya. Lalu apa solusinya?

Dilansir dari The Guardian, Dr Lindsay Broadbent, hand cream bisa jadi pilihan untuk menjaga kulit Anda tetap lembab. “Tidak ada masalah menggunakan hand cream. Namun pastikan saat Anda mengaplikasikan hand cream, tangan dalam keadaan kering,” ujar salah satu dokter peneliti dari Pusat Infeksi dan Imunitas Queen’s University Belfast, UK.  

Agar tetap aman, Broadbent menyarankan agar kita sebaiknya menggunakan produk kita sendiri. “Sebaiknya kita juga tidak berbagi krim atau losion dengan orang lain. Kita tidak tahu apakah orang yang berbagi losion dengan kita telah mencuci tangannya dengan baik atau belum sebelum ia menyentuh botol losion,” sarannya.

Saat mengaplikasikan, Broadbent juga menyarankan agar kita menyemprotkan krim ke bagian punggung tangan tanpa menyentuh saluran pipa semprot. “Virus corona tidak akan bertahan lama di krim tangan, namun kita tetap harus menjaga segala sesuatunya tetap higienis. Oleh karena itu lebih baik tidak menyentuh pipa semprot, karena bakteri dan jamur bisa bertahan selama beberapa waktu di sana,” ujarnya.

Jika Mamas merasakan kulit Anda tak hanya kering namun juga hingga pecah-pecah dan terasa perih, namun Anda tak memiliki krim tangan, menggunakan pelembab di toilet umum sebenarnya masih bisa Anda lakukan. Pastikan saja Anda tidak menyentuh aplikator. “Cuci tangan, dan gunakan tisu untuk menekan botol pelembap. Dengan begitu Anda tak perlu menyentuhnya dengan tangan,” ujar Dr Stephen Griffin, peneliti dari kelompok riset antivirus dan onkologi virus di University of Leeds. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares