Health

6 Langkah Cegah Corona Versi WHO

By  | 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta Presiden Jokowi mendeklarasikan darurat nasional virus corona. Namun menurut Juru Bicara Penanganan Corona, Achmad Yurianto, Pemerintah Indonesia menyatakan penyebaran virus corona sudah menjadi bencana nasional.

Penderita corona (Covid–19) yang terus bertambah membuat pemerintah melakukan berbagai kebijakan untuk menurunkan tingkat penyebarannya. Pemerintah menghimbau agar kontak dengan keramaian yang ditakutkan dapat mempertinggi risiko penularan virus, sebisa mungkin dihindari. Himbauan ini didukung dengan beberapa kebijakan seperti menutup beberapa tempat wisata selama beberapa waktu, hingga memutuskan untuk meliburkan sekolah selama kurang lebih empat belas hari lamanya. Bahkan, Kementerian BUMN mengimbau agar para pegawai mulai bekerja dari rumah masing-masing mulai Senin, 16 Maret 2020, dan membatasi semua bentuk pertemuan (dengan beberapa ketentuan yang berlaku).

6 Langkah Cegah Corona

Menanggapi kondisi ini, meski anak-anak akan lebih aman berada di rumah, namun kita sebagai orangtua yang bekerja tentunya tetap harus berhati-hati terhadap risiko virus ini ya, Mamas!

Berbagai cara berikut ini bisa Anda dan pasangan lakukan untuk menurunkan risiko terjangkit virus covid – 19, seperti yang disarankan oleh WHO:

1.Sering mencuci tangan dengan aturan yang berlaku dengan air dan sabun atau cairan (hand sanitzer) berbasis alkohol dimanapun Anda berada.

2.Tutupi mulut dan hidung dengan siku saat bersin atau batuk.

3.Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menderita demam atau batuk. Di area public tentunya hal ini sulit dihindari. Karena itu penggunaan masker bagi Si Sakit sangat disarankan.

4.Cari pertolongan medis sedini mungkin jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, dan bagikan riwayat perjalanan Anda kepada tenaga medis.

5.Hindari kontak langsung dan tanpa perlindungan dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan ketika mengunjungi pasar langsung di daerah yang terkena dampak.

6.Hindari makan produk hewani mentah atau kurang matang dan berhati-hati saat memegang daging mentah, susu, atau organ hewani untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah.

Selain keenam hal di atas, menjaga kesehatan dengan cukup beristirahat, makan makanan bergizi dan minum vitamin juga turut mendukung daya tahan tubuh Anda agar selalu fit dan jauh dari risiko virus corona. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares