Health

Sukses ASI Eksklusif Bagi Mama Bekerja

By  | 

Bagi Mama bekerja, memberikan ASI eksklusif pada buah hatinya bisa jadi tantangan tersendiri. Diperlukan manajemen waktu yang baik dan tentunya trik-trik khusus agar Si Bayi bisa mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupannya.

Tidak disiplin dalam memerah ASI dan perlengkapan ASI yang kurang mendukung bisa jadi kendala bagi breastfeeding mamas dalam pemberian ASI eksklusif (ASIX). Berikut penjelasannya:

1.Produksi ASI sesuai kebutuhan bayi

Mama yang sedang menyusui, setidaknya diharuskan memerah ASI-nya setiap dua jam sekali. Jangan sampai terlambat atau menundanya. Selain dapat menimbulkan bengkak pada payudara ataupun ASI yang merembes ke pakaian kerja Anda, produksi ASI pun juga bisa menurun setelahnya. Karena pada dasarnya, ASI diproduksi berdasarkan kebutuhan. Produksi ASI mengikuti prinsip supply and demand, dimana semakin tinggi kebutuhan bayi, semakin banyak produksi ASI. Semakin sering Anda menyusui Si Bayi atau memerahnya, maka produksi ASI pun akan semakin meningkat. Namun bila Mama jarang memerah ASI bila jauh dari Si Kecil, maka produksi ASI pun akan menurun.

2.Perlengkapan pendukung sangat penting

Sebagian mamas memilih memerah ASI-nya menggunakan tangan saat sedang berada di kantor, namun sebagian lainnya merasa lebih praktis dan nyaman menggunakan perlengkapan pendukung seperti breast pump. Selain breast pump, Mamas juga butuh apron, botol penyimpan ASI, dan cooler bag untuk menampung ASI selama dalam perjalanan dari kantor ke rumah.  

Di rumah, Mamas tentunya masih membutuhkan perlengkapan pendukung lainnya seperti botol susu dan penghangat ASI (bottle warmer) untuk menghangatkan ASI perah (ASIP) selama Mamas berada di kantor.

Chicco Well-Being Bottle

Chicco Well-Being Bottle merupakan botol susu dari brand anak Chicco yang bisa digunakan oleh Si Kecil sejak newborn. Botol susu ini higienis, anti bocor, dan dapat diisi maupun dibersihkan dengan mudah karena memiliki leher botol yang lebar, sehingga praktis digunakan oleh para Mama.

Botol susu ini sangat direkomendasikan bagi para mama karena botol ini memiliki sistem anti-kolik yang terbukti efektif, yaitu Valve anti-colic yang khusus didesain untuk mencegah tertelannya udara, yang masih dianggap sebagai salah satu penyebab terjadinya kolik. Anti Colic Valve juga dapat mengurangi terjadinya cegukan dan tersedak.

Dalam hal material, Chicco Well-Being Bottle terbuat dari bahan berkualitas yang telah teruji secara klinis, BPA free, terbuat dari Polypropylene, serta didesain dan dibuat langsung di Italia.

Chicco Well-Being Bottle dapat di steril menggunakan cold sterilization solutions, steam sterilized atau direbus selama 5 menit. Walau begitu, UV sterilisers tidak direkomendasikan karena dapat membuat dot lebih cepat rusak. Penggunaan alat khusus penghangat botol susu (bottle warmer) sangat direkomendasikan, bahkan botol Chicco aman dihangatkan menggunakan microwave (tanpa dotnya). Bila menggunakan microwave oven, pastikan grill dalam keadaan mati ya, Mamas! Mamas sebaiknya juga menghindari penggunakan oven, hot plate atau kontak langsung dengan api.

Kelebihan lain dari botol susu ini adalah Physiological Teats (natural nipple-like teat) yang dirancang seperti bentuk payudara Anda, sehingga dapat menstimulasi psikologis bayi seperti ketika menyusu langsung pada sang Mama.

Chicco Well-Being Teats

Chicco Well-Being Teats (dot) memiliki desain Ribbed Rings berbahan silikon dengan tekstur yang memberikan sensasi alami seperti langsung menyusu pada payudara mama. Selain memiliki sistem anti kolik, wide and rounded design yang pas dan nyaman di bibir bayi, sehingga membantu bayi mengisap dengan mudah.

Mamas pun bisa memilih berbagai bentuk dot sesuai dengan usia Si Kecil, yaitu Regular Flow yang ideal untuk newborn dan bayi yang baru berumur beberapa bulan, 2 m+ Medium Flow yang cocok untuk bayi di bulan-bulan pertamanya, dimana daya menghisapnya mulai meningkat, atau Mamas juga bisa memilih Adjustable Flow dimana tingkat mengalirnya dapat diatur.

Pada dot Adjustable Flow, Mamas dapat mengatur posisi dot, sehingga posisi nomor flow rate yang Anda mau berada persis dibawah hidung bayi. No. 1 – slow flow rate, No. 2 – medium flow rate, No. 3 – fast flow rate.

Selain itu, ada juga 4 m+ Fast Flow pas bagi bayi usia empat bulan ke atas yang sudah lebih besar, dan 6 m+ Food Flow yang bisa Mamas berikan bagi Si Kecil untuk jus buah, susu atau biskuit, dan lainnya.

Wednesday Giveaway Chicco

Di Wednesday Giveaway minggu ini, kami ingin mengajak Mamas untuk sharing tentang bagaimana tip Mamas dalam memilih botol susu untuk mendukung ASI eksklusif Si Kecil? Jawab di kolom comments ya, Mamas! 3 orang mama yang beruntung akan mendapatkan hadiah give away berupa digital bottle warmer dari Chicco. Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu tanggal 1 Maret 2020 di Instagram Stories @thesmartmamas. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Chicco)

Shares