Finance

Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan untuk Pensiun Dini

By  | 

Berniat pensiun dini? Sebelum terburu-buru memutuskan hal ini, cek terlebih dahulu apakah Anda sudah siap.

Jika Mamas memiliki target untuk pensiun dini, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu apa saja yang harus dipenuhi agar masa pensiun Anda tenang tanpa kendala. Coba Anda cek terlebih dahulu, apakah Anda sudah siap memenuhi keempat poin dibawah ini:

1.Tidak ada utang

Hal yang sangat penting harus Anda penuhi adalah jangan pernah memutuskan pensiun dini ketika Anda masih memiliki cicilan. Di masa pensiun, tentunya kita ingin hidup tenang. Karena itu pastikan di usia pensiun yang telah Anda rencanakan, cicilan KPR, KPA atau yang lainnya sudah lunas.

2.Tabungan pensiun

Selama pensiun, tentunya kita sudah tak produktif lagi. Tentunya pengeluaran Anda selama masa pensiun juga harus dipersiapkan. Karena itu, Mamas harus sudah mempersiapkan segala sesuatunya, baik dari segi investasi maupun sumber pendapatan lainnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

3.Kegiatan selama masa pensiun

Kita yang sudah terbiasa bekerja selama 9 jam perhari, tiba-tiba tidak memiliki kegiatan, tentunya akan bingung. Oleh karena itu, pastikan apa saja kegiatan yang akan Anda lakukan selama masa pensiun. Apakah Anda hendak berlibur keliling Indonesia atau yang lainnya, hal ini juga akan memengaruhi berapa besar biaya yang harus Anda persiapkan nantinya.

4.Dana darurat

Satu lagi yang perlu Mamas pahami, bahwa meski sudah pensiun kita tetap harus punya dana darurat ya, Mamas! Perkiraannya, dana darurat yang diperlukan untuk satu keluarga dengan satu orang anak adalah 9 kali dari kebutuhan bulanan atau 12 kali dari kebutuhan bulanan bagi keluarga dengan dua orang anak. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares