Finance

Kesalahan Fatal yang Seringkali Dilakukan Pengguna Kartu Kredit

By  | 

Kartu kredit bila digunakan dengan bijak, tentunya akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Namun ada beberapa kebiasaan buruk yang justru nantinya bisa merugikan Anda.

Memiliki kartu kredit, selain memudahkan kita dalam melakukan cicilan, masih banyak keuntungan lain yang bisa didapat. Toko-toko atau merchant yang menawarkan promo, diskon dan reward khusus bagi pemegang kartu kredit tertentu adalah keuntungan lain yang jadi daya tarik para pemegang kartu kredit.  

Meski demikian, menggunakan kartu kredit harus smart ya, Mams! Berikut ini adalah tiga kesalahan yang seringkali dilakukan oleh pengguna kartu kredit, yang bisa berujung fatal dan merugikan Anda sendiri.

1.Melakukan pembayaran minimum

Pembayaran minimum (minimum payment) atas jumlah tagihan yang diberikan kepada Anda bisa jadi tawaran yang menarik karena Mamas dapat mengalokasikan dana untuk kebutuhan lainnya. Namun menurut Priya Malani, pendiri dan CEO Stash Wealth, membayar minimum payment setiap bulannya, justru dapat meningkatkan bunga dan hutang Anda. “Jika Anda tidak dapat membayar tagihan secara penuh, tingkat bunga pada saldo Anda bisa lebih tinggi daripada biaya pembelian,” ujarnya.

2.Menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan poin reward

Kartu kredit sering sekali memberikan berbagai reward bagi pemegang kartu kredit untuk membelanjakan uangnya. Namun untuk mendapatkan reward pastilah Anda harus memenuhi persyaratan minimum yang ditetapkan oleh toko atau merchant. Nah, jangan sampai hanya karena memimpikan sebuah reward atau hadiah yang bisa Anda dapatkan dari pembelian menggunakan poin reward, Anda berbelanja sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

3.Tergoda promo

Setiap kartu kredit tentu memiliki promo-promo menarik di setiap merchant yang bekerja sama. Namun jangan salah ya Mams, bunga yang ditetapkan oleh merchant umumnya adalah bunga yang ditangguhkan. Artinya Anda harus melunasi kredit sebelum masa promo berakhir. Namun, bunga tersebut akan dimasukkan ke dalam tagihan Anda jika pembayaran tidak dilunasi selama periode promo.

Ketiga hal ini tentunya bisa jadi hal yang bukannya menguntungkan namun justru merugikan Mamas. Karena itu, selalu gunakan kartu kredit Anda dengan smart ya, Mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares