Health

6 Hal Tak Terduga yang Ternyata Dapat Memperparah Alergi Anda

By  | 

Saat kambuh, alergi bisa sangat mengganggu. Dan perlu Anda pahami, tak hanya karena terpapar alergen saja, beberapa hal lain yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya, juga bisa memperparah alergi Anda.

Penyebab kambuhnya alergi biasanya dikarenakan penderitanya terpapar oleh alergen atau penyebab kambuhnya alergi. Debu, serbuk sari, bulu binatang, asap rokok, hingga makanan tertentu merupakan beberapa alergen yang seringkali menjadi penyebab kambuhnya alergi.

Namun tahukah Anda bahwa beberapa hal berikut ini sebenarnya juga dapat memperparah alergi Anda?

1.Stres

Memang sih, stres bukan penyebab alergi. Walau begitu, stres dapat membuat gejala alergi Mamas lebih lama sembuh. Hal ini bisa terjadi karena saat Anda stres, otak memberikan perintah untuk melepaskan hormon stres adrenalin, kortisol, dan histamine. Ketiganya merupakan zat kimia yang menyebabkan gejala alergi. Anda yang mengalami stres berkepanjangan, dampaknya akan memperlambat respons tubuh dalam melawan zat atau benda asing. Kondisi inilah yang membuat kita jadi lebih rentan terkena penyakit – penyakit seperti, batuk, pilek, influenza, atau penyakit infeksi lainnya.

2.Pembersih Debu

Menjaga rumah tetap bersih merupakan hal yang wajib dilakukan oleh Si Penderita alergi. Namun saat membersihkan rumah, alih-alih menggunakan sapu atau kemoceng sebenarnya Mamas lebih dianjurkan untuk menggunakan kain basah. Penggunaan kemoceng dan sapu justru membuat debu beterbangan di udara, dan dapat memperburuk reaksi alergi Anda.

3.Pakaian

Pakaian bertekstur kasar atau wol, dapat membuat debu dan serbuk sari lebih mudah menempel di serat-serat pakaian yang dapat memperburuk alergi Anda.

4.Parfum dan Lilin

Tahukah Anda Mamas, bahwa wewangian ternyata juga dapat mengiritasi lapisan kelopak mata dan saluran hidung Anda? Bila Mamas memiliki alergi terhadap parfum atau lilin, sebaiknya segeralah menghindar saat di lingkungan tersebut ada yang menyemprotkan parfum atau membakar lilin.

5.Asap Rokok

Sebuah studi menyebutkan bahwa asap rokok yang dihirup perokok pasif dapat memperburuk gejala alergi yang dialami. Sama halnya seperti lilin dan parfum, asap merupakan zat iritan yang dapat mengganggu saluran pernapasan Anda. Akibatnya, gejala alergi semakin sulit untuk sembuh.

6.Buah dan Sayur

Mungkin Anda tak percaya kalau buah dan sayur yang bernutrisi ini bisa memperburuk alergi Anda. Namun fakta menunjukkan bahwa beberapa buah dan sayur mengandung protein yang mirip dengan yang ditemukan di serbuk sari. Protein inilah yang kemudian menyebabkan reaksi alergi. Dikutip dari Prevention, sayur yang sebaiknya Mamas hindari selama alergi adalah kentang dan bawang. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares