Health

Cara Membersihkan Reusable Straw

By  | 

DKI Jakarta melalui Gubernurnya, Anies Baswedan telah resmi menuangkan peraturan untuk tidak memberlakukan penggunaan plastik sekali pakai di toko – toko swalayan, pasar perbelanjaan, dan pasar rakyat. Selain tas plastik, barang lain yang sudah mulai dikurangi penggunaannya adalah sedotan. Jika mamas sudah menggantinya dengan bamboo/stainless steel straw, perhatikan cara membersihkannya, ya!

Sikat khusus pembersih reusable straw

Membersihkan bagian berlubang pada sedotan dengan sikat khusus berukuran kecil menggunakan air panas dan cairan pencuci, yang akan membantu membersihkan bakteri dan kuman yang bersarang di dalam sedotan. Bersihkan dengan menggunakan sedikit tekanan, terutama di bagian lekukan.

Sementara itu, bagian luar sedotan cukup dibersihkan dengan cara mencucinya seperti biasa dengan cairan pencuci piring. Setelah selesai mencuci, bilas sekali lagi dengan menggunakan air panas pada bagian dalam dan luar sedotan; lalu keringkan dengan kain.

Perawatan sedotan bambu

Setelah membeli dan sebelum menggunakannya, pastikan mamas membersihkannya terlebih dahulu dengan cara mengukus dalam wadah panas selama 15 menit. Khusus untuk sedotan bambu, tidak disarankan menggunakan terlalu banyak sabun saat membersihkannya karena justru dapat mendatangkan kuman dan menjadi tempat bersarangnya bakteri.

Simpan sedotan bambu dalam wadah tertutup dilengkapi dengan silica gel yang dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur pada permukaan sedotan. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares