Health

Ask the Expert: Kapan ASI akan Mengering Setelah Berhenti Menyusui?

By  | 

Q: Hi, SmartMama!

Usia anak saya saat ini sudah satu tahun dan ia tampaknya mulai tak mau lagi menyusu langsung dari payudara saya. Anak saya saat ini lebih memilih susu UHT daripada ASI. Yang jadi pertanyaan saya adalah, berapa lama waktu yang diperlukan untuk ASI mengering setelah menyusui selama satu tahun?

Jessica, 26 tahun, Mama dari Avely, 1 tahun.

A: Hi Mama Jessica,

Biasanya masa menyapih adalah hal yang paling berat bagi Si Kecil dan sang mama. Jadi bisa dibilang Anda cukup beruntung karena tak perlu melewati ‘drama’ menyapih ini.

Menurut dr. Marra Francis, Obgyn dengan spesialisasi saluran reproduksi wanita, kehamilan dan persalinan, setelah seorang wanita berhenti menyusui, biasanya perlu waktu beberapa hari sampai seminggu agar ASI-nya benar-benar mengering.

“Tindakan seperti kompres es, mengenakan bra joging, hingga ibuprofen dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan payudara yang terjadi selama proses tersebut,” terang dokter dari Methodist Hospital –  San Antonio Texas ini. Selain itu, mengompres payudara dengan daun kol dingin di dalam bra Mama juga dapat membantu ‘mengeringkan’ ASI lebih cepat. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares