Health

Trik Jitu Agar Si Kecil Terhindar dari Dehidrasi

By  | 

Dehidrasi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk juga pada Si Kecil. Kondisi ini bahkan kemungkinannya lebih besar dialami oleh anak dibandingkan orang dewasa, lho Mams.

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa risiko Si Kecil mengalami dehidrasi lebih besar dibandingkan orang dewasa. Perlu Anda ketahui, ada beberapa alasan mengapa anak lebih mudah mengalami dehidrasi ketimbang orang yang sudah dewasa. Berikut ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi dehidrasi pada anak-anak dan bayi.

Penyebab Anak Mengalami Dehidrasi

Berikut ini adalah beberapa penyebab Si Kecil mudah mengalami dehidrasi:

-Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak memiliki tubuh yang kecil sehingga cadangan air yang ada di dalam tubuh akan cepat habis.

-Anak-anak yang sudah bisa berjalan cenderung sangat aktif dalam mengeksplor lingkungan sekitarnya. Kondisi ini akan membuat mereka jadi kelelahan, tubuhnya berkeringat, dan mengalami haus.

-Kondisi cuaca yang sangat panas dan anak sangat aktif dan bermain di luar.

-Tidak semua anak bisa mengambil minumannya sendiri. Beberapa yang belum bisa bicara hanya bisa menangis sedangkan orangtua tidak selalu paham dengan maksud sang anak, sehingga kondisi dehidrasi lebih sering terjadi.

-Tak semua anak juga bisa mengambil minumannya sendiri saat ia merasa haus. Orangtua pun terkadang hanya memberikan susu saja pada jam-jam tertentu saja dan terlewat memberikan anaknya air mineral yang juga sangat mereka butuhkan. Akhirnya anak hanya akan menunggu apa yang diberikan orang tua meski mereka sebenarnya sangat lapar ataupun haus.

Tanda Anak Mengalami Dehidrasi

Anak yang mengalami dehidrasi mulutnya akan terlihat kering dan mengalami pecah-pecah di bibir hingga kadang sampai berdarah. Urin anak lebih gelap dan agak intens baunya. Kondisi dimana Si Kecil tidak kencing atau mengompol selama lebih dari 6-8 jam juga bisa jadi tanda anak mengalami dehidrasi. Si Kecil juga cenderung sering mengantuk di luar jam tidurnya. Kulit tubuh akan menjadi kering dan agak dingin, tidak mengeluarkan air mata saat menangis. Anak pun jadi tidak aktif lagi, napas anak jadi agak pendek-pendek dan terlihat dalam.

Cara mengatasi dehidrasi pada anak

Lakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi dehidrasi pada anak:

Secara berkala, tanyakan pada anak apakah mereka sedang haus. Dan berikan ia minum saat mereka mengatakan haus.

Beri anak makan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti buah semangka, pear atau melon.

Biasakan anak minum bayak air mineral di luar jam ia minum susu. Misalnya saja di jeda setelah sarapan, sebelum makan siang, dan malam hari.

Bekali Si Kecil botol minum yang bisa ia bawa kemanapun ia akan bermain. Jadi ketoika ia merasa haus, ia bisa langsung minum dari botol minum tersebut.

Nuby Tritan Flip It Cup

Nuby Tritan Flip It Cup 532ml adalah botol minum anak dengan material bahan plastik tritan yang aman dan tidak mudah pecah apabila jatuh.

Dilengkapi dengan penutup sedotan yang melindungi dari kuman dan bakteri, botol minum lucu ini bisa mulai dipergunakan oleh Si Kecil yang berusia 18 bulan ke atas. Mamas juga tidak perlu khawatir dengan keamanan botol minum Nuby ini, karena Nuby Tritan Flip It Cup ini BPA Free, sedotan silikonnya juga aman bagi anak, dan tentunya tetap higienis karena adanya penutup sedotan.

Memiliki tiga karakter yang bisa dipilih Si Kecil, yaitu Shark, Unicorn, dan Robots, Nuby Tritan Flip It Cup ini juga ringan lho Mamas, karena itu Si Kecil tidak akan merasa terganggu saat harus membawa botol minum ini saat ia bermain.

Si Kecil akan tetap bisa have fun saat bermain dan mengeksplor lingkungan sekitarnya tanpa mengalami dehidrasi.  

Wednesday Giveaway    

Di Wednesday Giveaway minggu ini, Smart Mama dan Nuby ingin mengajak Mamas untuk sharing tentang bagaimana Anda menjaga Si Kecil agar terhindar dari dehidrasi?

Jawab di kolom komentar ya.. Tiga orang mama yang beruntung akan mendapatkan paket menarik dari Nuby.

Pemenang akan diumumkan di Instagram Stories @thesmartmamas pada hari Minggu, 17 November 2019. Happy sharing! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com, Nuby)

Shares