Parenting

Buku Anak Terbaru Marie Kondo, Mengajarkan Si Kecil Merapihkan Mainannya

By  | 

“When children learn how to tidy, they realize what’s important to them.”

-Marie Kondo-

Organizer, penulis, TV star, dan mama dari dua orang anak, menulis cerita tentang Si Messy Squirrel dan Si Rapih Burung Hantu untuk menggambarkan indahnya tidying up pada anak-anak.

Merasa barang-barang Si Kecil mulai menguasai seluruh kamar, rumah, dan mungkin sampai ada di dalam tas kerja Anda? Organizing superstar Marie Kondo menulis buku baru untuk mengendalikan kekacauan ini.

Penulis buku “The Life-Changing Magic of Tidying Up” ini meluncurkan buku cerita bergambar yang menggemaskan yang bisa Mamas bacakan untuk Si Kecil saat story time. Buku cerita ini tak hanya menarik untuk diceritakan pada Si Kecil, namun juga akan menginspirasi Si Kecil untuk mau membersihkan kamarnya.

Kondo mengatakan dia frustrasi setelah menjadi seorang mama karena dia tidak bisa menjaga rumahnya serapih seperti sebelum ia punya anak. Dan ketika ia menjadi mama dengan dua anak, ia mengatakan ia bahkan tidak punya energi untuk merealisasikan “tips merapikan rumah” favoritnya sendiri. “Setelah saya memiliki anak perempuan, saya ingin menulis buku anak-anak tentang persahabatan yang juga akan berbagi kegembiraan tentang serunya tidying up pada para pembaca cilik,” jelas Kondo.

Buku cerita berjudul Kiki and Jax: The Life-Changing berkisah tentang Kiki, seekor tupai penyuka kekacauan, dan temannya Jax, burung hantu yang rapi.

Cerita dimulai saat Kiki yang suka mengumpulkan barang-barang dari teman-teman binatang untuk tempat tidurnya, termasuk mengumpulkan kerucut pinus yang kemudian disembunyikan di bawahnya. Tapi kemudian koleksi Kiki tumbuh begitu besar dan berantakan sehingga dia tidak dapat menemukan mainan yang ingin dia mainkan. Jax pun datang untuk menyelamatkan. Dia membantunya merapikan menggunakan metode KonMari — tanyakan apakah barang-barang tadi masih seru untuk dimainkan, dan jika tidak, ucapkan terima kasih pada mainan tersebut dan singkirkan.

“Ketika anak-anak belajar merapikan, mereka menyadari apa yang penting bagi mereka. Melalui merapikan, karakter Kiki dan Jax belajar untuk benar-benar menghargai persahabatan mereka,” kata Kondo. Membagi barang-barang Kiki menjadi empat tumpukan warna-warni untuk dibuang, didaur ulang, disumbangkan, atau simpan.

“Harapan saya adalah bahwa kisah persahabatan ‘Kiki & Jax’ tidak hanya akan menginspirasi anak-anak untuk merapikan tetapi juga membantu keluarga untuk menemukan keajaiban pada perubahan sikap anak.”

Bintang Netflix’s “Cleaning Up With Marie Kondo” tahu kadang-kadang pekerjaan rumah tangga bisa kacau bahkan ketika Anda sudah menggunakan teknik KonMari. Tetapi dia mengatakan bahwa dengan memiliki tempat-tempat khusus untuk menyimpan barang-barang sesuai kegunaannya dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk merapikan rumah Anda. Kadang-kadang kekacauan tetap terjadi dan itu tidak apa-apa.

Motherhood mengajari saya untuk lebih memaafkan diri sendiri,” Kondo baru-baru ini menulis di blog KonMari-nya. “Kegembiraan yang berasal dari pengasuhan melebihi kepuasan apa pun yang bisa datang dari rumah yang sangat rapi.”

Bagaimana Mamas, tertarik untuk membacakan buku cerita ini pada Si Kecil? (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Parents)

Shares