Parenting

5 Tips Membuat Anak Tertarik Bermain Musik

By  | 

Penelitian menunjukkan bahwa anak yang menyukai musik akan memiliki nilai yang lebih baik di bidang akademik.

Menguasai alat musik atau instrumen membutuhkan waktu, dedikasi, disiplin, dan konsentrasi. Karena itu, tak mengherankan jika membuat anak-anak tertarik bermain dan berlatih memainkan alat musik, menjadi tugas yang tak mudah. Untuk Anda pahami, sebenarnya belajar memainkan instrumen tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi Si Kecil.

Hal ini ditunjukkan melalui hasil penelitian tentang  “Study of Human Development” yang dilakukan oleh Martin Gardiner dari Brown University’s Center. Hasil penelitian Martin menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam musik tampil lebih baik pada tes standar dan memiliki skor IQ keseluruhan lebih tinggi daripada rekan nonmusical mereka. Alasannya adalah karena belajar musik ternyata dapat merangsang fungsi otak yang digunakan untuk memahami matematika, sains, dan teknik.

Jadi bagaimana cara membuat anak-anak bersemangat memainkan alat musik? Yuval Kaminka, pendiri JoyTunes, pengembang aplikasi interaktif yang mengajarkan keterampilan anak-anak untuk memainkan instrumen, berbagi tips bagaimana menumbuhkan ketertarikan anak pada musik. Bisa mamas dan papas coba di rumah, lho!

1.Pilih instrumen yang tepat.

Memilih instrumen yang tepat mungkin merupakan cara paling penting untuk membuat anak-anak tertarik bermain musik. Jika memungkinkan, mintalah Si Kecil mencoba beberapa instrumen sebelum memilih yang terbaik menurut mereka. Walaupun mereka mungkin berpikir instrumen tertentu terlihat keren, namun ada beberapa instrumen yang akan menyulitkan mereka pada awal belajar, jadi cobalah sesuatu yang lebih basic ketika pertama kali memulai.

2.Turut terlibat.

Terlibatlah aktif dalam pelajaran musik anak-anak Anda ya mamas dan papas. Tanyakan saat ini mereka sedang mempelajari lagu apa, keterampilan baru apa yang sudah mereka kuasai, dan sebagainya. Pastikan mereka tetap berkomitmen pada waktu latihan dan yakinkan mereka bahwa kerja keras mereka akan membuahkan hasil.

3.Belajar bersama expert.

Pilih seorang guru yang dapat mendorong dan menginspirasi Si Kecil dalam belajar bermusik. Menerima instruksi yang tepat dari guru musik yang baik akan membuat anak-anak lebih tertarik bermain dan berlatih.

4.Pilih lagu yang tepat.

Pilih musik yang akan dinikmati anak-anak Anda. Memang sih, mempelajari musik klasik itu penting, tetapi mari kita hadapi fakta yang ada saat ini, dimana anak-anak lebih suka memainkan lagu-lagu pop chart terbaru. Semakin mereka menyukai lagu tersebut, semakin besar kemungkinan mereka akan terdorong untuk memainkan lagu itu dengan sempurna.

 5.Jadilah penggemar terbesar mereka.

Sisihkan waktu khusus untuk menonton pertunjukan anak-anak – termasuk ketika ia memainkan satu buah lagu di ruang tamu rumah Anda. Buat sistem penghargaan. Berikan sesuatu yang dapat mendorong mereka untuk lebih banyak berlatih, sehingga mereka akan lebih bersemangat untuk belajar dan meningkatkan keterampilan bermusik mereka. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares