Health

Menjaga Kebersihan Gigi & Kuku Si Kecil

By  | 

Menjaga kebersihan kuku dan gigi Si Kecil bisa menjadi salah satu cara termudah bagi mamas untuk menjaga kesehatan tubuh Si Kecil.

Penting bagi kita sebagai orangtua, untuk memerhatikan kebersihan kuku dan gigi anak. Berbagai masalah kesehatan dapat menyerang Si Kecil karena kuku kotor dan gigi yang tak terawat.

Tips Menjaga Kesehatan Kuku Anak

Menjaga kebersihan kuku anak merupakan salah satu upaya agar anak tidak terserang penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman, bakteri, atau virus. Kuku yang kotor berisiko membuat anak mengalami diare, infeksi cacing kremi, dan infeksi kuku.

1.Menjaga kuku anak selalu pendek. Kuku anak yang dibiarkan panjang akan menjadi sarang kuman penyakit.

2.Biasakan anak cuci tangan sebelum, sesudah makan, dan setelah menggunakan kamar mandi.

3.Jangan biarkan Si Kecil menggigit atau mengemut kukunya.

4.Hindari memotong kutikula kuku anak ya mams, kulit keras yang ada di pinggiran kuku ini justru merupakan penghalang kuman atau bakteri untuk masuk ke kuku.

5.Untuk segi keamanan dan kemudahan, sebaiknya mamas menggunakan gunting kuku khusus anak.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Kerusakan gigi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk juga Si Kecil. Jika sejak awal tidak dijaga dengan baik dan Si Kecil juga makan sembarangan, maka bakteri akan tumbuh di gigi dan lambat laun merusak gigi.

Lakukan beberapa langkah berikut ini untuk menjaga kesehatan gigi anak:

1.Cegah kebiasan Si Kecil yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulutnya. Seperti misalnya minum susu dengan dot tanpa membasuh dengan air putih setelahnya.

2.Ajak Si Kecil mengunjungi dokter gigi secara rutin, bahkan sejak usia 1 tahun. Dengan begitu Si Kecil akan terbiasa dan tidak takut dengan dokter gigi.

3.Gosok gigi dua kali sehari, terutama sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur.

4.Pilih sikat gigi khusus anak yang memiliki bulu sikat lebih lembut dan gagang sikat yang handy untuk Si Kecil.

Nuby

Brand anak Nuby, memiliki produk Groom Set Clip Scissors dan Nuby Tooth And Gum Care Set khusus anak yang bisa mendukung kesehatan Si Kecil. Groom Set Clip Scissors Nuby terdiri atas 1 pasang gunting stainless steel, 1 gunting kuku bayi, dan 4 emery boards.

Nuby Tooth And Gum Care Set memiliki material lembut dengan bulu sikat yang dirancang khusus agar tetap nyaman digunakan Si Kecil. Memiliki 4 tahapan, stage pertama sikat gigi Nuby memungkinkan kita untuk menyikat dan memijat gusi dengan Si Kecil dengan lembut. Stage kedua membantu membersihkan saat gigi mulai tumbuh, stage ketiga berfungsi memijat dan membersihkan selama proses tumbuh gigi Si Kecil. Dan stage terakhir, sikat gigi ini diperuntukkan bagi Si Kecil yang sudah mulai memiliki gigi lengkap.

Simak review lengkap kedua produk ini di video berikut ya, mamas!

(Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. SmartMama.com)

Shares