Mind

Drama Free Breastfeeding, Mungkinkah?

By  | 

Yes, semua pasti setuju bahwa ASI adalah nutrisi terbaik untuk Si Kecil. Namun ternyata, menjalani proses menyusui tak seindah bayangan dan pastinya butuh perjuangan. Mulai dari ASI belum lancar, payudara bengkak, hingga posisi pelekatan yang belum tepat. Belum lagi berbagai permasalahan lain yang kerap dihadapi new mamas: Kurang tidur, masih beradaptasi dengan peran baru, dan harus menghadapi berbagai komentar yang terkadang menyinggung, baik dari pihak keluarga maupun kerabat. Ujung-ujungnya Mamas menjadi stres. Lalu mungkingkah kita menjalaninya tanpa drama? Bisa kok, Mams, beberapa catatan dari Smart Mama berikut dapat membantu Anda mengurangi stres dan drama breastfeeding. Yuk simak!

Pelajari Sejak Awal. It’s a must! Bekali diri Anda dengan pengetahuan yang cukup mengenai segala hal seputar breastfeeding sejak hamil. Berbagai info akurat dapat Anda akses di website resmi maupun akun sosial media. Di sana Anda dapat mempelajari proses menyusui, pelekatan yang tepat, hingga cara mengatasi payudara bengkak. Tak hanya proses, kisah atau drama para mamas lain pun wajib Anda ikuti guna mempersiapkan diri, baik secara mental maupun fisik. Apalagi jika Anda memiliki teman baik yang sudah berpengalaman, gali ilmu darinya. Bila perlu, minta Ia menyusui di hadapan Anda untuk mempelajari posisi dan pelekatan.

Mapping Payudara. Kenali bentuk payudara, khususnya nipple Anda. Beberapa Mamas mengalami inverted nipple (puting masuk ke dalam), sehingga butuh alat tambahan supaya dapat menyusui dengan lancar.

Breast pump and bottle with milk for baby on a straw basket. Kids room with a bed.

Must Have Items. Yang satu ini juga wajib Anda list sejak awal, jadi pada saat menyusui nanti, Anda sudah siap dengan berbagai perlengkapan. Tentunya sesuai dengan kondisi Anda. Hal basic yang wajib disiapkan adalah nursing bra, bantal menyusui, breastpad, nursing cover jika menyusui di tempat umum, juga atasan berkancing agar mudah dibuka.

Gunakan teknologi. Saat ini produk-produk yang dapat membantu kelancaran menyusui sangat banyak. Mulai dari breastpump elektrik, digital sterilizer, hingga aplikasi breastfeeding yang dapat membantu tracking jumlah ASI yang diasup Si Kecil.

Positive Vibes. Ciptakan suasana positif untuk diri Anda sendiri. Lakukan hal-hal yang Anda sukai selama menyusui Si Kecil. Misalnya, menulis jurnal, mendengarkan musik kesukaan, membaca, nonton film, atau mengundang the girls untuk sekadar ngobrol santai di rumah. Untuk sementara waktu, tak ada salahnya menghindari orang-orang yang gemar berkomentar negatif.

Enjoy breastfeeding, Mams! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares