Health

Ketika Olahraga Gymnastic Kian Digemari, Apa Saja Manfaatnya?

By  | 

Salah satu anjuran untuk melatih motorik Si Kecil adalah bergerak aktif. American Academy of Pediatrics menyebut bahwa anak yang ikut serta dalam kegiatan olahraga akan berkembang kemampuannya secara fisik maupun sosial.

Banyak kegiatan fisik yang disarankan, salah satunya adalah senam gymnastic. Belakangan senam jenis ini mulai populer di kalangan anak-anak. Pasalnya, olahraga ini mulai populer lantaran beberapa selebriti mem-posting kegiatan buah hati mereka saat berlatih gymnastic.

Gymnastic merupakan cabang olahraga senam yang melibatkan performa gerakan dengan kekuatan, kecepatan dan keserasian. Pesenam juga dituntut untuk menyuguhkan gerakan fisik teratur, ketahanan dengan gaya dan keanggunan.

Dalam olahraga senam terdapat dua cabang yaitu senam artistik dan senam ritmik. Gymnastik masuk dalam kategori senam artistik yang penerapannya terkait menggunakan  alat seperti palang horizontal, palang sejajar, kuda-kuda lompat, hingga gelang-gelang.

Berikut, adalah 7 manfaat jika Si Kecil ingin mengikuti olahraga Gymnastic

1. Gymnastic menyenangkan karena gerakan mudah ditiru dan bisa di lakukan kapan saja.
2. Mengembangkan kekuatan daya tahan tubuh, sehingga anak jadi tidak mudah sakit.
3. Gerakan gymnastic dapat mengembangkan fleksibilitas. Tubuh Si Kecil akan lebih lentur dan tidak mudah lelah.
4. Olahraga senam artistik ini juga dapat mengembangkan motorik dengan baik. Bakatnya juga jadi mudah diasah sebaik mungkin.
5. Si Kecil belajar mendengar, mencerna, dan mengimplementasikan gerakan gymnastic jika sering berlatih.
6. Mengembangkan rasa percaya diri, fokus sejak dini. Mereka juga dituntut bisa menstimulasi daya ingat, serta konsentrasinya.
7. Menumbuhkan interaksi sosial dengan sesama. Anak-anak bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya di sebuah club gymnastic. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares