Beauty & Style

Treatment Scar Untuk Lebih Percaya Diri

By  | 

Anda yang pernah menjalankan operasi caesar tentunya terganggu dengan adanya bekas jahitan luka.Tenang, Mams, ada banyak cara untuk memudarkannya. 

.
Biasanya operasi caesar dilakukan jika melahirkan secara normal tidak memungkinkan. Seperti prosedur operasi lainnya, operasi caesar akan meninggalkan bekas luka jahitan. Pada umumnya, bekas luka hanya terlihat samar. Namun bila luka jahitan mengalami infeksi, proses penyembuhannya akan berlangsung lebih lama dan akhirnya meninggalkan bekas luka yang terlihat sangat jelas. Agar hal ini tidak terjadi, Anda bisa mengunjungi klinik kecantikan asal Korea yang berlokasi di Arteri Pondok Indah.

SKINDA Dermatology,  menawarkan berbagai perawatan personal yang disesuikan dengan kebutuhan kulit masing-masing individu. Klinik ini menawarkan pengalaman merawat kulit seperti di Korea. Suasana kliniknya nyaman dan dilengkapi dengan berbagai peralatan perawatan modern. Terasa sekali suasana rileks dan nyaman ketika menjalani perawatan.

Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah menyamarkan bekas luka jahitan dari operasi Caesar. Berikut penuturan dari  dr. Sammy Yahya, Sp.KK, jika Anda ingin melakukan perawatan ini.  “Skar pasca operasi dapat dilakukan setelah jahitan pasca operasi dilepas. Perawatan skar pasca operasi sebaiknya tetap dilakukan dalam jangka waktu minimal 1 tahun untuk mendapatkan hasil yang optimal. Penggunaan silicon gel sheets atau krim berbasis silicon telah terbukti efektif dalam menghambat pertumbuhan skar hipertrofik yang dapat digunakan hingga 6 bulan. Sebagai tambahan dapat dipertimbangkan penyuntikan kortikosteroid bila terdapat skar hipertrofik/keloid, atau sebagai tambahan dapat dipertimbangkan dengan terapi lain misalnya laser co2 fraksional, laser Q-switched NdYag 1064, atau IPL telah dilaporkan dapat memperbaiki penampilan bekas luka/skar.”  

Untuk hasil akhir yang maksimal selama treatment, pola makan yang Anda konsumsi juga sebaiknya dijaga. Nutrisi merupakan hal dasar dan penting pada proses penyembuhan luka yang terjadi saat perawatan skar. Asupan nutrisi yang tepat sangat penting dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Berbagai vitamin misalnya vitamin A, C, dan E sangat berperan dalam penyembuhan dan penutupan luka, pembentukan kolagen baru, antioksidan, dan menstabilkan proses peradangan kulit. Baik karbohidrat, protein, dan lemak juga diperlukan dalam jumlah yang seimbang. Diet tinggi lemak atau konsumsi alcohol sebaiknya dihindari karena dapat menghambat proses penyembuhan luka yang dapat menimbulkan skar.

Di sini, tak hanya perawatan scar pasca operasi caesar saja yang bisa dilakukan. Anda yang memiliki masalah jerawat juga bisa lakukan perawatan di Skinda. dr Sammy juga menambahkan apa saja yang bisa dilakukan untuk treatment skar akibat jerawat. ” Biasanya berupa skar yang cekung sekitar 80-90%, sedangkan sisanya dapat berupa skar yang menimbul. Perawatan skar akne sebaiknya dimulai dengan mengatasi bekas kemerahan jerawat dan dilanjutkan bekas yang lebih dalam. Terapi kombinasi memberikan hasil yang lebih baik. Untuk bekas kemerahan jerawat dapat dilakukan laser vaskuler. Sedangkan untuk bekas jerawat yang cekung dapat menggunakan kombinasi microneedling radio frekuensi, laser CO2, peeling kimiawi, mikrodermabrasi, filler skar, dan subsisi.  Biasanya memerlukan beberapa kombinasi dari treatment tersebut dengan durasi minimal 12 bulan untuk mendapatkan hasil yang baik. Pada skar yang menimbul misalnya keloid, dapat dipertimbangkan beberapa kombinasi terapi misalnya penggunaan gel silicon, penyuntikan keloid, bedah, atau laser PDL. Tertarik untuk mencobanya, Mams?

Untuk mencoba berbagai treatment yang ditawarkan, Anda bisa langsung datang ke alamat ini ya, Mamas.

SKINDA Medical Skin Care & Dermatology Center. Arteri Pd. Indah, Jl. Sultan Iskandar Muda No.9F. Jakarta Selatan. Telepon(021) 7291023

(Yosi Avianti/ Photo : Dok.Skinda)

Shares