Health

Safe Sleeping Agar Terhindar dari SIDS

By  | 

SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) adalah penyebab kematian paling umum pada bayi dibawah usia enam bulan. Pahami lebih jauh agar Si Kecil terhindar dari SIDS.

SIDS adalah kematian bayi yang tiba-tiba karena sebab yang tidak diketahui. Hingga hari ini, penyebab pasti SIDS masih belum diketahui dan tidak ada cara untuk mengenali gejalanya. Tingginya angka kematian akibat SIDS membuat para peneliti SIDS di seluruh dunia kini mendidik orang tua dan wali bagaimana menghindari SIDS.

Bayi dan balita menghabiskan banyak waktunya untuk tidur, jadi mamas perlu menyadari bahwa ada beberapa aturan tentang keamanan saat tidur yang perlu Anda pahami. Karena hal ini dapat meningkatkan risiko SIDS atau menyebabkan kecelakaan tidur yang fatal bila lingkungan tidur Si Kecil tak aman.

Safe Sleeping

Tidur telentang dapat mengurangi risiko SIDS. Risiko bayi meninggal akibat SIDS lebih besar jika mereka tidur dengan posisi tengkurap ataupun miring. Bayi yang tidur tengkurap juga lebih berisiko mengalami tersedak saat ia muntah dibandingkan ketika ia tidur telentang. Jadi, siapapun yang sedang mengasuh Si Kecil, pastikan mereka memahami hal ini.

Risiko SIDS pada bayi di atas enam bulan sangat rendah tetapi masih ada sehingga tetaplah memperhatikan keamanan tidur Si Kecil.

Pastikan wajah dan kepala bayi mamas tetap terbuka saat ia tidur. Selipkan seprai dengan aman agar tidak longgar. Jangan pernah meletakkan selimut atau bumper di dalam ranjang yang menutupi kasur. Semua ini dianggap meningkatkan risiko SIDS. Beberapa mamas saat ini memutuskan untuk menggunakan kantong tidur yang aman untuk membantu menjaga Si Kecil tetap aman saat tidur.

Membawa bayi tidur bersama di tempat tidur orang dewasa mungkin tidak aman karena bayi Anda dapat terperangkap di bawah selimut atau bantal orang dewasa. Bayi juga bisa terjebak di antara tempat tidur dan dinding, atau jatuh dari tempat tidur, atau orang dewasa bisa menindih Si Bayi jika mereka tidur sangat nyenyak.

Tips:

1.Pastikan kepala bayi Anda tetap terbuka saat tidur.

2.Jangan biarkan bayi Anda tertidur di atas kasur air atau beanbag.

3.Tummy time aman dan baik untuk bayi ketika mereka bangun dan diawasi orang dewasa, tetapi jangan pernah meninggalkan bayi Anda tidur tengkurap.

4.Letakkan bayi dalam posisi telentang saat tidur.

5.Gunakan kasur yang kokoh, bersih, dan pas dengan ranjangnya. Tempatkan Anda di atas kasur dan tekan dengan kuat. Jika ketika mamas melepaskan tangan Anda dan Anda dapat melihat jejaknya maka kasur ini tidak aman untuk bayi tidur.

6.Selipkan seprai bayi Anda dengan aman.

7.Gunakan bantal khusus bayi. Memberikan Si Kecil bantal dewasa berisiko Si Kecil dapat tertindih bantal dan menghalangi saluran nafasnya.

ClevaFoam® Infant Pillow

ClevaFoam® Infant Pillow merupakan produk terbaru dari Clevamama yang khusus diperuntukkan bagi bayi.  ClevaFoam® Infant Pillow terbuat dari ClevaFoam dimana struktur bahannya memungkinkan sirkulasi udara yang tinggi. Bantal berukuran 19cm x 26cm ini diperuntukkan bagi bayi berusia 0 hingga 6 bulan. Ukuran dan bahannya yang didesain sedemikian rupa agar pas untuk bayi, membuat bantal ini aman digunakan bagi bayi Anda.

Kenapa bayi mamas perlu menggunakan ClevaFoam® Infant Pillow? Jawabannya adalah karena bantal bertekstur lembut ini memang dirancang untuk melindungi dan mendukung kepala dan leher bayi Anda. Bantal ini juga dapat melindungi bentuk bulat kepala bayi sehingga membantu mencegah Flat Head Syndrome (Plagiocephaly).

ClevaFoam® Infant Pillow juga telah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi tekanan pada bagian belakang kepala bayi hingga 50% dan dapat men-support hingga 80% (Trinity College, University of Dublin, Irlandia).

Selain itu, infant pillow ini juga hypo-allergenic, memiliki PH yang seimbang, dan secara signifikan dapat mengurangi retensi panas. Istimewanya lagi, bantal ini juga sangat ideal untuk bayi dengan asma dan alergi!

Cara membersihkannya juga sangat mudah lho, mams! Mamas cukup mencucinya dengan tangan (jangan menggunakan mesin cuci).

Untuk info lebih lengkap tentang ClevaFoam® Infant Pillow, mamas dapat follow akun Instagram @babiesandeverything. Mamas bisa mendapatkan produk ini dengan mengunjungi store Mothercare atau berbelanja secara online di mothercare.co.id.

Saat ini, kami mengajak mamas untuk sharing tentang apakah mamas mengetahui apa itu SIDS sebelumnya, dan bagaimana mamas menjaga agar Si Kecil terhindar dari hal ini?

Jawab di kolom comments ya, mams! 6 orang mama yang beruntung akan mendapatkan produk menarik dari Clevamama. Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu, tanggal 28 Juli 2019 di akun Instagram @thesmartmamas. Happy sharing! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Clevamama)

Shares