Health

Penyebab Calon Mama Sering Buang Air Kecil

By  | 

Secara medis dikatakan bahwa seringnya buang air kecil merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Mengapa dan bagaimana sebaiknya kita menanggapinya, ya?

Apa penyebabnya?

Produksi urine pada calon mama juga ikut meningkat, ditambah perubahan hormonal yang terjadi membuat aliran darah ke ginjal menjadi lebih cepat. Kandung kemih menjadi lebih sering penuh, membuat calon mama lebih sering merasa ingin buang air kecil.

Hal ini normal terjadi, mengingat faktor lain yaitu rahim yang membesar memberi tekanan pada kandung kemih; saat janin bertumbuh semakin besar, berat badannya bisa menekan kandung kemih terutama di trimester akhir kehamilan.

Bagaimana cara mengatasinya?

Proses ini tentunya tidak bisa dihindari. Tetapi agar lebih nyaman, ada baiknya mamas mengurangi konsumsi teh, kopi, atau soda karena bisa merangsang tubuh ingin sering buang air kecil. Tetap cukupi kebutuhan air putih sebanyak 8 – 9 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi.

Juga jangan menahan-nahan keinginan untuk berkemih. Menahan buang air kecil dapat melemahkan otot dasar panggul dalam jangka panjang, dan lakukan senam kegel untuk melatih otot tubuh menahan buang air kecil untuk jangka waktu singkat.

Namun, ada kondisi yang perlu diperhatikan bagi calon mama jika mengalami hal ini terus – menerus tanpa henti, urine tampak keruh dan berbau busuk, segera lakukan pemeriksaan ke dokter karena bisa jadi ada gejala infeksi saluran kemih. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares