Health

Apa Sih Manfaat Susu Almond Bagi Si Balita?

By  | 

Sudah pernah memberikan susu almond pada Si Kecil? Selain rasanya yang lezat, susu almond juga memberikan beberapa manfaat kesehatan untuk anak-anak.

Mengonsumsi susu almond secara rutin menurut para ahli dapat menjaga kesehatan jantung, tulang yang lebih kuat, membuat kulit bercahaya, serta berkontribusi pada kekuatan otot dan penyembuhan luka. Selain itu, almond juga kaya serat lho mams, sehingga baik untuk pencernaan Si Kecil.

Walau begitu tidak disarankan bagi mamas untuk memberi bayi Anda susu almond setidaknya sampai sistem pecernaan Si Kecil lebih sempurna. Kami menyarankan agar mamas menunggu hingga ia berusia 1 tahun.

Susu Almond Vs Susu Sapi

Memang benar bahwa susu almond kaya akan vitamin A dan D. Namun, jika dibandingkan dengan susu sapi atau bahkan ASI, susu almond sangat rendah akan protein dan kalsium. Rata-rata makan balita mengandung berbagai sumber protein sehingga ketergantungan pada susu untuk suplemen protein tidak banyak. Tetapi di sisi lain sumber kalsium jauh lebih sedikit dan itu adalah semacam masalah bagi anak-anak yang hanya bergantung pada susu almond.

Namun, kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar susu almond yang tersedia secara komersial diperkaya dengan kalsium dan untuk alasan itu susu almond dapat diperlakukan setara dengan susu sapi.

Jadi jika anak mamas alergi terhadap produk susu seperti susu sapi, susu almond yang diperkaya dengan kalsium tambahan dapat dianggap sebagai alternatif kesehatan.

5 Manfaat Kesehatan Susu Almond untuk Anak-Anak

Susu almond menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi balita. Terutama jika Si Kecil tidak toleran laktosa, maka susu almond memberikan pengganti yang sempurna untuk susu sapi.

1.Menjaga kesehatan jantung.

Meskipun konsumsi lemak sangat penting selama tahap awal pertumbuhan anak, tetapi pada saat yang sama kadang-kadang orang tua cenderung memberi makan berlebih pada anak-anak mereka. Susu almond sangat rendah kolesterol atau kandungan lemak jenuh dan karena itu tidak memicu kemungkinan obesitas pada anak Anda dan membantunya menjaga kesehatan jantung.

2.Memperkuat tulang

Kandungan kalsium dalam susu almond tidak sebanding dengan kalsium yang ditemukan dalam susu sapi. Namun demikian, jumlah kalsium yang dapat dikonsumsi Si Kecil dari konsumsi susu almond cukup besar.

Penelitian menunjukkan bahwa susu almond menyediakan 30 persen dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh Si Kecil, serta 25 persen dari jumlah vitamin D yang direkomendasikan.

3.Baik untuk kulit

Susu almond juga kaya akan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Terkadang polusi dapat merusak kulit lembutnya. Mengonsumsi susu almond secara teratur membantu menjaga kulit tetap sehat.

4.Meningkatkan Kekuatan Otot

Susu almond secara langsung dapat mendukung pertumbuhan otot anak. Selain protein, susu almond juga kaya vitamin B seperti zat besi dan riboflavin. Keduanya penting untuk pertumbuhan dan penyembuhan otot. Ini cukup penting mengingat di usia ini Si Kecil memiliki risiko yang tinggi terluka karena jatuh. Sifat menyembuhkan dari susu almond tentu saja sangat dibutuhkan pada masa ini.

5.Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Susu almond mengandung hampir satu gram serat per sajian, yang penting untuk pencernaan yang sehat. Tidak seperti susu sapi biasa, susu almond tidak mengandung laktosa yang memicu beberapa masalah pencernaan bagi banyak anak.

Yang Harus Diperhatikan Saat Memberi Makan Susu Almond ke Balita

Tidak perlu diragukan lagi bahwa susu almond adalah pengganti susu yang kaya vitamin namun rendah kalsium. Mamas juga harus menghindari membeli susu almond yang mengandung gula tambahan melainkan disarankan memilih susu almond yang telah diperkaya dengan kalsium tambahan. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares