Health

Tips Menjaga Kelembaban Kulit bayi

By  | 

Seperti kita ketahui, kulit bayi sangatlah sensitif dan rentan mengalami iritasi. Menjaga kulit bayi tetap lembab adalah salah satu solusi untuk kulit sehat bebas iritasi.

Kulit orang dewasa memiliki pH sekitar 4,5-6. Sedangkan kulit bayi yang masih sangat tipis, memiliki pH yang mencapai antara 6-7. PH kulit adalah potensial hidrogen atau derajat keasaman pada kulit, dimana sifat asam ini terbentuk secara alami di kulit kita.

Nah, selain berfungsi menjaga kelembaban kulit, sifat asam ini juga dapat menghambat pertumbuhan kuman, jamur, dan bakteri. Hal itulah yang membuat kulit bayi menjadi sensitif dan rentan sekali iritasi. Beberapa contoh kasus iritasi pada kulit bayi adalah ruam popok, bintik merah, serta gatal-gatal.

Merawat Kulit Sensitif Bayi

Bayi dengan kulitnya yang sensitif, membuatnya sangat mudah mengalami iritasi. Mamas harus memperhatikan seberapa sering Si Kecil harus mandi hingga suhu air mandinya. Perubahan temperatur cuaca atau ruangan juga bisa menjadi penyebab kulit bayi menjadi sensitif lho, mams. Bahkan penggunaan sabun, lotion, dan deterjen tertentu juga bisa jadi penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa mamas lakukan untuk menjaga kelembaban kulitnya:

1.Temperatur air. Gunakan air hangat suam-suam kuku saat memandikan bayi. Jangan terlalu lama berendam karena dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit bayi dan membuat kulitnya menjadi kering.

2.Banyak Beri ASI. Pastikan bayi mamas selalu terhidrasi dengan banyak memberinya ASI, terutama saat cuaca panas. Hal ini sangat bagus untuk kulitnya.

3.Hati-hati dengan suhu lingkungan. Terpapar ruangan AC secara terus menerus akan membuat kulit bayi lebih kering. Begitu pula saat mengajak bayi keluar rumah, hendaknya hindari terpapar sinar matahari langsung.

4.Gunakan pelembap khusus bayi. Setelah mandi, oleskan pelembab pada kulit bayi yang lembut dan aman untuk kulitnya yang masih sensitif. Mamas bisa menggunakan Bambi Mild Lotion yang dapat menjaga kelembaban kulit bayi dan menutrisi kulit sehingga membuatnya terasa lembab dan lembut.

Bambi Mild Lotion

Bambi Mild Lotion adalah salah satu produk dari Bambi yang merupakan brand rangkaian produk perawatan bayi yang dapat digunakan sejak hari pertama si kecil. Diformulasi dengan Triple Protection, Hypoallergenic, dan telah teruji secara klinis mampu memberikan perlindungan ekstra untuk kulit bayi yang sesitif.

Bambi Mild Lotion dapat membantu menjaga kelembapan kulit bayi dan menutrisi kulit sehingga membuatnya terasa lembab dan lembut. Mengandung triple protection formula (Pro Vit B5, Licorice, dan Chamomile), rich milk protein dan NMF (Natural Moisturizing Factor), hypoalergenic dan dermatology tested, serta mengandung aromatheraphy.

Rangkaian produk Bambi lainnya yang bisa mamas coba untuk bayi mamas adalah bath series, cologne series, powder series, skin series, hingga liquid cleanser. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Bambi)

Shares