Parenting

Saat Anak Menonton Adegan Romantis, Harus Bagaimana?

By  | 

Pertanyaan ini seringkali hadir saat kita bersama dengan anak – anak menyaksikan film dan menemukan adegan – adegan mesra, contohnya aksi berciuman. Apa ya yang sebaiknya dilakukan, Mams?

Psikolog anak & keluarga Cecilia Sinaga, M.Psi membantu menjelaskannya untuk Anda. “Sebenarnya tergantung usia Si Anak, ya.. Di atas usia 3 tahun biasanya mereka sudah akan bertanya/berkomentar. Tapi untuk anak dibawah usia 2 tahun, tidak perlu memberikan respon berlebihan seperti menutup mata. Toh mereka juga belum mengerti – bahkan mungkin tidak “ngeh” dengan adegan tersebut. Hanya saja, lebih baik orangtua menonton film dewasa ketika anak – anak sudah tidur,” ungkapnya.

Jika anak bertanya

Menanggapi pertanyaan “Itu ngapain ya, Ma?” misalnya, sebelum orangtua canggung dan bingung menjawab maka kita bisa bertanya kembali kepada mereka apa yang sudah dilihat. Hal ini akan memberikan waktu dan kesempatan kita untuk berpikir atau menenangkan diri supaya tidak panik ketika menjelaskan.

Berikan informasi bahwa (misal: berciuman) hanya boleh dilakukan oleh orang dewasa saja, terutama yang sudah menikah. Momen ini juga bisa jadi kesempatan bagi kita orangtua untuk menanamkan value/nilai – nilai agama dan moral bagi mereka dengan bahasa yang sederhana.

Jadi, penting ya mams untuk tetap tenang saat menjelaskan adegan romantis dalam film jika Si Kecil bertanya! Punya pengalaman dan cara menghadapi situasi seperti ini? Sharing di kolom komentar di bawah ini, yuk! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares