Parenting

Tips Parenting Ala Presiden Joko Widodo

By  | 

Merayakan ulang tahunnya yang ke 58 pada tanggal 21 juni 2019, semua mata tertuju pada keluarga orang nomor satu di Republik Indonesia ini, Joko Widodo. Apa saja rahasianya mengasuh anak – anak selama ini?

Dalam sebuah wawancara khusus dengan Rans Entertaiment beberapa waktu lalu, Jokowi mengungkapkan sedikitnya ada 3 hal yang Ia terapkan dalam pola pengasuhan anak:

Presiden Joko Widodo bersama cucu, Jan Ethes.
  1. Komunikasi terbuka. “Dulu, sebelum saya terjun ke politik, saya sampaikan kepada anak – anak rencana saya itu. Mereka pada nggak setuju, tapi ya.. harus dibicarakan. Jadi memang harus terbuka satu sama lain,” ujar pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah tersebut.
  2. Saling mengingatkan. “Setelah menjadi Presiden dan saya harus pergi ke luar kota, saya selalu menyempatkan diri untuk ngobrol dengan Ibu dan anak – anak. Bicara hal sepele, seperti apa sudah makan?”
  3. Menghadirkan kesulitan. “Dalam mengasuh anak – anak, saya sering bilang sama Bu Iriana untuk jangan terlalu memanjakan mereka. Yang penting dari kecil diajarkan kemandirian, tanggung jawab sendiri. Kita latih mereka untuk susah dan menderita, mengatur uang sendiri sehingga memberikan sebuah nilai dalam karakter diri masing – masing.”

Soal asmaranya dengan Ibu Iriana, Ia sendiri mengaku tidak pernah neko – neko dalam merencanakan sebuah hubungan. “Panggilan sayang tetap ada. Lalu memberikan perhatian dalam keseharian. Rasanya itu hal – hal kecil yang juga tetap harus dipertahankan dalam pernikahan,” tutupnya. (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

Shares