Pleasure

Aman dan Nyaman Selama Traveling Bersama Si Kecil

By  | 


Menempuh perjalanan jauh dengan membawa Si kecil memang bukan perkara yang mudah dan memerlukan persiapan ekstra. Persiapan ini mencakup persiapan fisik dan mental, serta perlengkapan yang diperlukan selama perjalanan dan di tempat tujuan nanti.

Rensia Sanvira, Konselor Anak dan Pernikahan serta founder dari mamalyfe.id, mengatakan bahwa pilihan moda transportasi turut memengaruhi bagaimana kita mempersiapkan Si Kecil sebelum pergi traveling (atau mudik seperti yang Anda lakukan beberapa waktu lalu). “Ketika kita memilih moda transportasi untuk traveling, baik itu melalui jalur darat, udara, ataupun air, maka cara mempersiapkan Si Kecil pun akan berbeda,” ujarnya di sela – sela acara Playgro Ramadan Ngabuburit “Mudik Aman dan Nyaman Bersama Si Kecil”, beberapa waktu lalu.

“Pastikan apakah Si Kecil ada mabuk perjalanan. Karena jika iya, baiknya mengunjungi dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi yang tepat,” lanjut Rensia.

Untuk mempersiapkan mental Si Kecil selama perjalanan, Rensia menyarankan agar satu minggu sebelum perjalanan dilakukan, mamas bisa mengajak bicara Si Kecil tentang bagaimana gambaran tentang traveling yang akan dilakukan.  Hal tersebut juga bisa mamas lakukan sambil menemaninya tidur. Ucapkan kalimat afirmatif positif yang menginformasikan bahwa Si Kecil akan bepergian dalam waktu yang cukup lama dan Si Kecil diharapkan tenang selama perjalanan.

Tak hanya Rensia saja yang hadir sebagai narasumber, disini hadir pula selebriti mama Revalina S. Temat yang turut berbagi pengalaman tentang traveling bersama kedua anak balitanya.

Tips Traveling Bersama Si Kecil

Di acara ini Rensia juga memberikan tips bagaimana melakukan perjalanan bersama Si Kecil, yaitu:

1.Gunakan car seat. Jika menempuh perjalanan menggunakan jalur darat, biasakan Si Kecil untuk duduk di car seat. Akan lebih aman bagi Si kecil duduk di car seat dan juga mengurangi rasa lelah untuk orang tua jika harus memangku atau menggendongnya sepanjang perjalanan.

2.Jadwal perjalanan. Jika menempuh jalur udara, sesuaikan waktu penerbangan dengan waktu Si Kecil tidur.

3.Snacks. Jangan lupa menyiapkan makanan ringan dan berat untuk Si Kecil. Perut yang lapar akan membuatnya mudah rewel.

4.Fleksibel. Sebagai orang tua kita harus fleksibel melihat kebutuhan anak selama di perjalanan.

5.Mainan kesayangan. Siapkan mainan yang menjadi favorit Si Kecil dan mudah dibawa ketika bepergian, seperti Playgro On The Go contohnya. Mainan dari Playgro ini mudah ditempelkan pada car seat, stroller, mobil, dan berbagai tempat, sehingga Si Kecil tak mudah bosan selama dalam perjalanan.

Playgro On The Go

Yes mamas, agar Si Kecil tidak mudah bosan, mainan yang mudah dibawa dan dapat ditempel di manapun Si Kecil berada menjadi hal yang esential selama perjalanan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi mainan untuk menemani Si Kecil selama perjalanan beserta manfaatnya bagi Si Kecil:

1.Cheeky Chime Rocky Racoon and Cheeky Chime Sunny Bunny.

Mendukung pengembangan keterampilan motorik halus dan menstimulasi indera visual Si Kecil.

2. Activity Friend Clip Clop and Activity Friend Stella Unicorn.

Mendorong keterampilan motorik halus, menstimulasi persepsi visual, dan mendorong pengembangan auditori.

3.Wiggling Bertie Bee and Wiggling Poppy Penguin.

Mendukung perkembangan persepsi dan menstimulasi respons pendengaran bayi.

Ketiga mainan ini bisa didapat di gerai Central Department Store. Selain itu, mainan tersebut juga bisa didapatkan di seluruh gerai Mothercare, ELC, Toys Kingdom, Toys City, dan baby shop terdekat. Happy traveling, mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Playgro)

Shares