Parenting

Ini Cara Smart Mamas Ajari Si Kecil Berpuasa

By  | 

Mams, mengajari Si Kecil berpuasa bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang paling penting adalah Ia harus mengetahui makna berpuasa tersebut terlebih dahulu. 4 Smart Mama berikut memiliki cara tersendiri agar Si Kecil menjalankan ibadah puasa.

“Awalnya belajar bangun sahur, lalu puasa sampai jam 12 siang. Kalau sudah kuat, ditambah lagi satu jam dan seterusnya hingga full puasanya. Dan alhamdulillah, anak pertama saya sudah full puasa selama 3 tahun terakhir ini. Anak kedua saya sedang proses belajar.” Reina Wardhana, mama dari Orion (11), Rigel (6) dan Meissa (4)

“Aku ngajarin anak puasa dengan ngasih fakta-fakta dan pandangan dalam agama Islam tentang puasa, termasuk fakta kesehatan. Jadi mereka tahu tujuannya dulu sebelum menjalankan. Dan selalu nyoba bilang, semoga mereka bisa jadi contoh baik buat temannya, karena banyak yang nggak puasa. Alhamdulillah, mereka mulai puasa dari umur 4 tahun dan puasa full dari umur 5 tahun.” Fifi Alvianto, mama dari Lola (7) dan Lana (5)

“Aku sesuaikan sama umur dan kemampuan mereka masing-masing. Tidak pernah memaksa tapi berusaha memberikan esensi penting dari berpuasa. Anakku yg pertama umur 10 tahun sudah puasa full. Yang umur 7 tahun, jam 12 buka puasa kemudian lanjut puasa sampai sore.” Dinda Utami, mama dari Amarendra (10) dan Kinanti (7)

“Aku dan suami sepakat untuk mengajarkan puasa pada anak-anak sejak dini karena puasa merupakan kewajiban saat mereka akil baligh nantinya. Dengan mengajarkan sedari dini, mereka akan terbiasa untuk berpuasa. Tetapi kami tidak memaksa, lebih pada kesadaran aja. Kami juga tidak mau mengimingi mereka dengan imbalan. Alhamdulillah Kakak Naira yang usianya masih 6 tahun sudah bisa puasa full beberapa hari. Dan Renzo yang masih 5 tahun puasa sampai jam 12. Untuk Emir dan Hugo baru akan aku ajarian mungkin tahun depan atau 2 tahun lagi.” Ilma Rineta, mama dari Naira (6), Renzo (5), Emir, dan Hugo

Bagaimana dengan Anda, Mams? Ada trik khusus untuk mengajarkan Si Kecil berpuasa? (Karmenita Ridwan/Photo: istockphoto.com, dok. Pribadi)

Shares