Mind

Meghan Markle Gagal Melahirkan dengan Metode Home-Birth

By  | 

Meghan Markle dan Pangeran Harry baru saja menyambut kelahiran anak pertama mereka. Meski Meghan dan sang bayi dalam keadaan sehat, namun ternyata proses persalinan tidak berjalan sesuai rencana.

Menurut Daily Mail, Meghan, yang melahirkan melebihi tanggal perkiraan lahir (overdue) hingga satu minggu, “dibawa” secara rahasia ke rumah sakit London, tempat ia melahirkan.

Hingga kini, tidak diketahui apakah ia sempat diinduksi, tetapi tampaknya Meghan sudah berada di rumah sakit sejak malam sebelum bayinya lahir pada pukul 5.26 pagi pada hari Senin. Meghan melahirkan seorang bayi berjenis kelamin laki – laki dengan berat 3,175 kilogram.

The Daily Mail sebelumnya melaporkan bahwa Meghan ingin melahirkan di rumah. Walau begitu, ia tetap akan pergi ke rumah sakit jika terjadi hal – hal yang tidak sesuai dengan rencana. Meghan dan Harry berharap bisa melakukan persalinan dengan bantuan bidan yang semuanya perempuan, di rumah mereka di Frogmore Cottage di Windsor Estate. Tetapi ketika Meghan mengalami overdue, tampaknya hal tersebut tak akan terjadi.

Tampaknya beberapa ob-gyn terkemuka di dunia juga tidak terlalu optimis bahwa Meghan akan dapat melahirkan anak pertamanya di rumah. Hal ini diungkapkan oleh beberapa dokter yang mengikuti pertemuan tahunan baru-baru ini di American College of Obstetricians dan Gynecologists (ACOG) di Nashville.

Salah satunya adalah dokter, Dr. Timothy Draycott, utusan Royal College of Gynecology, mengatakan, “Meghan Markle telah memutuskan menggunakan jasa doula… mari kita lihat bagaimana hasilnya. Usianya saat ini 37 tahun, dan ini merupakan persalinan pertama baginya … saya tidak yakin ini bisa terjadi.”

Skeptisisme itu sebagian besar karena usia Meghan saat ini. Menurut Institut Nasional Kesehatan Anak dan Pengembangan Manusia, kehamilan Meghan digolongkan sebagai kehamilan berisiko tinggi karena usianya saat hamil di atas 35 tahun.

Tapi keraguan itu hanya di Amerika Serikat. Di Inggris, kelahiran di rumah dikatakan jauh lebih aman. Institut Nasional untuk Kesehatan dan Perawatan Unggulan (NICE), yang menulis pedoman melahirkan di Inggris, mengatakan kelahiran di rumah layak, bahkan menguntungkan bagi hampir setengah dari kelahiran berisiko rendah, dan bahkan memungkinkan kelahiran berisiko tinggi dilakukan di rumah, jika usia mama adalah satu-satunya faktor pertimbangan.

Untungnya, semuanya berjalan baik untuk Meghan dan Baby Sussex. Meski keduanya belum tampil di depan publik, namun penampilan Prince Harry sudah bisa menggambarkan bagaimana kegembiraan keluarga kecil ini. Welcome to motherhood, Meghan! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Various)

Shares