Health

Apa Yang Terjadi Bila Si Kecil Kurang Gizi?

By  | 

Masalah gizi dan kesehatan anak tidak selalu disebabkan oleh faktor genetik. Asupan gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) akan menunjang proses tumbuh kembang janin, bayi dan anak sampai usia 2 tahun.

Jangan salah ya mams, yang dimaksud dengan 1000 hari pertama kehidupan disini bukan dimulai saat Si Kecil lahir, namun sejak ia di dalam kandungan mamas. Karena itu, asupan gizi mamas selama hamil juga sangat penting karena pertumbuhan otak dan organ fisiknya sudah dimulai sejak saat itu.

Kenapa Asupan Gizi Sangat Penting?

Pada periode ini, pertumbuhan otak Si Kecil sangat pesat. Pertumbuhan otak Si Kecil tentunya akan mendukung seluruh proses pertumbuhannya dengan sempurna.Agar pertumbuhan otaknya optimal, tentunya asupan gizi ini sangat penting, karena nantinya turut berpengaruh pada kualitas hidup Si Kecil saat ia besar nanti.

Dan yang perlu mamas ingat, periode ini tidak berulang dan dampak yang terjadi tak dapat diperbaiki. “Kurang gizi pada masa – masa tersebut, tidak dapat diperbaiki dimasa kehidupan selanjutnya,” terang dr. Krisna Handayani, Sp.A, M.Sc, dokter spesialis anak dari RS. Siloam Dhirga Surya – Medan, di sela – sela acara Roadshow Nuby “Teman Makan Minum Si Kecil”.

Dampak Kurang Gizi pada Anak

Anak yang kurang gizi dapat berpotensi mengalami beberapa hal berikut ini:

1. Anak tidak cerdas karena pertumbuhan otaknya terhambat.

2. Anak berpotensi memiliki tubuh pendek (stunting), karena pertumbuhannya terhambat.

3. Anak menjadi lemah dan mudah sakit.

4. Anak akan sulit mengikuti pelajaran saat ia bersekolah nanti.

Bagaimana Memenuhi Nutrisi yang Dibutuhkan Si Kecil?

Setelah Si Kecil lahir, tentunya ASI menjadi asupan utama Si Kecil di 6 bulan pertama kehidupannya. Nah, memasuki masa MPASI, mamas tentunya harus pandai – pandai memilih apa saja asupan yang bernutrisi dan seimbang untuk Si Kecil.

dr. Krisna menjelaskan bahwa ada beberapa aturan yang perlu mamas pahami dalam pemberian MPASI pada anak, yaitu:

1. Jadwal. Tentukan jadwal kapan saja mamas akan memberikan makanan pada Si Kecil. Ada 3 jadwal makanan utama dan 2 makanan selingan. Susu dapat diberikan 2 – 3 kali sehari.

2. Lingkungan yang menyenangkan. Tidak boleh ada paksaan saat makan, tidak boleh ada distraksi (mainan, televisi, gadget, dan lainnya) saat makan.

3. Prosedur. Dorong anak untuk makan sendiri. Dan saat anak menolak untuk makan, tawarkan kembali makanan secara netral tanpa membujuk atau memaksa.

Yang Bisa Dilakukan Mama Saat Si Kecil Menolak Makan

Mengatupkan mulut, memalingkan kepala hingga menangis adalah beberapa cara yang dilakukan Si Kecil saat ia menolak makan. Tak perlu khawatir bila mamas mengalami hal ini, karena tak hanya anak Anda saja yang melakukannya. Semua anak ada saatnya akan melakukan hal ini kok, mams. Jadi, agar ia tetap mau makan dan tak kekurangan nutrisi, mamas bisa melakukan beberapa trik berikut ini:

1. Tentukan waktu dan jarak pemberian makan yang sesuai.

2. Beri Si Kecil makan ketika ia lapar.

3. Beri kesempatan pada Si Kecil untuk melakukan eksplorasi sensori melalui bermain bersama makanan.

Eksplorasi yang dimaksud disini adalah kesempatan Si Kecil untuk makan sendiri. Risiko berantakan tentunya akan Anda temui. Namun cara ini bisa jadi salah satu cara untuk menimbulkan minat makan Si Kecil, memenuhi kebutuhan nutrisinya lewat makanan bernutrisi yang Anda berikan, serta melatih kemandiriannya untuk makan sendiri.

Nuby

Agar lebih menarik minat makan Si Kecil, mamas juga bisa lho memberinya perlengkapan makan yang menarik bagi Si Kecil! Perlengkapan makan dengan bentuk dan warna yang menarik dari Nuby, selain dapat menarik minat makannya, juga dapat mendukung Si Kecil saat proses belajar makan sendiri.

Brand perlengkapan makan – minum anak asal Amerika yang terbuat dari material berkualitas dan BPA free ini memiliki beragam produk yang dapat membantu Si Kecil dan juga mamas.

“Perlengkapan makan dan minum Nuby tak hanya memiliki desain yang menarik namun juga fungsional.  Nuby dapat membantu mama dan Si Kecil melewati proses pengenalan MPASI menjadi lebih mudah dan menyenangkan,” urai Dwi Ariani selaku Brand Manager Nuby Indonesia, di sela – sela acara Roadshow Nuby.

Selain perlengkapan makan dan minum bagi Si Kecil, Dwi Ariani juga menerangkan bahwa Nuby juga memiliki Garden Fresh, rangkaian perlengkapan yang dapat digunakan mamas untuk mengolah dan menyimpan MPASI Si Kecil. Jadi, mamas dapat membuat sendiri MPASI homemade buatan mamas sendiri, yang tentunya kandungan nutrisinya Anda ketahui.

Acara yang berlangsung pada hari Kamis, 28 Maret 2019 lalu ini juga dihadiri pula oleh mama Fifi Monica, mama dari dua orang anak yang turut berbagi pengalaman mengenai problema seputar MPASI yang ia hadapi.

Roadshow Nuby ‘Teman Makan Minum Si Kecil’ yang diselenggarakan di kota Medan in merupakan kota kedua yang kami kunjungi, untuk berbagi informasi mengenai serba – serbi MPASI bagi para mamas.

Selain mendapatkan goodie bag berupa produk menarik dari Nuby, para peserta talkshow juga mendapatkan voucher belanja dari Mothercare dan juga Nuby. Voucher Nuby ini bisa mamas belanjakan di baby shop seperti Athena Baby Shop, Hello Baby Shop, Junior Baby Shop, dan Suzanna yang semuanya ada di kota Medan.

Nantikan kami di dua kota berikutnya ya, mamas! Kota selanjutnya yang akan kami kunjungi adalah kota Bandung. See you in Bandung mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com, SmartMama.com)

Shares