Bermain Bersama Si 1 Tahun

By  | 

Q: Dear dr. Fransiska,

Saya mama dari anak laki-laki berusia satu tahun dan sudah bisa berjalan. Bila sebelumnya ia banyak bermain sambil duduk, saat ini Riley sudah sangat aktif dan berjalan kesana kemari. Bahkan ia tampaknya tak betah berada di dalam rumah dan seringkali minta bermain di luar rumah. Kira –kira permainan outdoor apakah yang bisa dimainkan untuk Si Kecil yang baru bisa berjalan seperti Riley?

Sheila, 27 tahun, mama dari Riley, 14 bulan

A: Dear mama Sheila,

Si Kecil yang sudah mulai bisa berjalan memang membutuhkan area yang luas dan aman untuk melatih kemampuan berjalannya. Karena itu, sebisa mungkin mamas memberikan ruang dan waktu sebanyak-banyaknya bagi anak untuk bergerak. Di masa ini Si Kecil juga sedang senang-senang bereksplorasi. Tak heran bila kemudian ia pun jadi mudah bosan bermain di dalam rumah dan ingin bermain di luar rumah.

Ride on toys adalah main yang bisa dilakukan oleh Si Satu Tahun. Di usia ini ia mulai bisa menaiki mainan roda empat yang digerakkan kakinya sendiri. Memainkan permainan ini akan melatih kekuatan otot kaki atau motorik kasar Si Kecil.

Selain ride on toys, mamas juga bisa mengajak Si Kecil bermain bola. Pilih bola yang berukuran besar, sehingga mudah untuk ditendang dan dimanipulasi. Ajak Si Kecil bermain bola bersama teman – teman sebayanya untuk mengajari Si Kecil bagaimana bersosialisasi. Bermain bola juga akan melatih motorik kasar dan koordinasi kedua tungkai kaki Si Kecil. Selamat bermain bersama Si Kecil, mams!

Profil dokter:

dr. Fransiska Farah, Sp. A, M.Kes

RS. Pondok Indah – Bintaro Jaya

CBD Emerald Blok CE/C No. 01

Boulevard Bintaro Jaya

Telp. (62-21) 8082 8888

(dr. Fransiska Farah, Sp. A, M.Kes/Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com, dok. Dr. Fransiska)

Shares