Health

7 Permainan untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi Usia 0 – 6 Bulan

By  | 


Bermain merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menstimulasi tumbuh kembang Si Kecil agar optimal.

Di usia 0 – 6 bulan, perkembangan bayi dominan mencakup fungsi pendengaran, penglihatan dan keterampilan jari jemari. “Tiga fungsi yang dikuasai bayi pada usia ini adalah melihat, mengamati, menoleh. Karena itu, interaksi secara langsung dengan cara bermain bersama bayi sangat disarankan bagi orangtua, anggota keluarga, dan juga pengasuh,” saran dr. Fransiska Farah Sp. A, MKes, Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Lalu permainan seperti apa sih yang bisa dilakukan bersama Si Bayi? Berikut ini adalah beberapa contoh permainan yang menurut dr. Fransiska bisa Anda mainkan bersama Si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya:

1. Cilukba

Aspek perkembangan yang dirangsang saat bermain cilukba adalah personal

sosial, bahasa dan bonding dengan orangtua.

2. Bermain cermin

Permainan ini akan merangsang rasa ingin tahu anak melihat dirinya sendiri,
merangsang perkembangan emosi, bonding dan bersosialisasi.

3. Rattle toys

Bunyi kerincingan pada rattle toys akan merangsang fungsi pendengaran dan perkembangan motorik halus, meraih, menggenggam, koordinasi mata dan jari jemari.

4. Squeeze ball atau teethers

Eksplorasi mainan dengan memasukkan mainan ke dalam mulut merupakan salah satu cara untuk melatih Motorik kasar (kemampuan merangkak), motorik halus (meraih bola), koordinasi tangan dan mulut (saat bayi memasukkan mainan ke mulutnya).


5. Lonceng dan mainan gantung

Bayi akan melihat dan mencari sumber bunyi dan gerak. Cara ini akan melatih kemampuan motoriknya.

6. Mainan yang berbunyi dan memiliki lampu

Bunyi-bunyian pada mainan telepon – teleponan akan disukai bayi, begitu juga dengan kerlap-kerlip lampu mainan yang dapat menstimulasi indera penglihatan, pendengaran, motorik halus dan personal sosialnya.

7. Mainan raba

Mainan jenis ini akan mengenalkan Si Kecil terhadap tekstur benda dan mengembangkan persepsi sensoris pada telapak tangan bayi.7

Ternyata permainan-permainan ini cukup sederhana bukan, mams? Namun dampaknya akan menjadi luar biasa bagi buah kita. Jadi, yuk kita ajak Si Kecil memainkan permainan – permainan ini bersama! (Tammy Febriani/KR/Photo: doc. iStockphoto.com)

Shares