Mind

Langkah Mudah Meditasi di Rumah!

By  | 

Hi Mams! Istilah mindful parenting belakangan ini semakin populer, karena ditengah kesibukan pekerjaan dan aktivitas harian, mindset positif & kesabaran menjadi kunci dalam membesarkan anak – anak di era digital yang penuh dengan distraksi.

Praktisi Mindfulness Adjie Santotoputro

Untuk membantu Anda mewujudkannya, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menenangkan diri. Memang, banyak sekali ya langkah menuju kesana, tetapi tidak ada salahnya mencoba metode meditasi yang ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah! (Baca juga: Me Time dengan Meditasi)

Praktisi Mindfulness Adjie Santosoputro dalam sebuah kesempatan berbagi dengan kami bahwa ada 4 bentuk latihan meditasi yang secara rutin dapat kita latih, yaitu meditasi duduk, meditasi makan, meditasi berjalan, dan single tasking.

  • Meditasi Duduk. Adalah dasar dari segala latihan meditasi. Berikut step by stepnya, Mamas:
  1. Siapkan waktu & suasana ruang yang sepi. Adjie merekomendasikan pemilihan waktu secara rutin di pagi hari untuk duduk diam dalam posisi duduk.
  2. Pejamkan mata & bernapaslah dengan tenang, fokuskan perhatian Anda hanya pada nafas.
  3. Lakukan latihan ini selama 2 menit. Perlukan menggunakan musik? Bisa menjadi pilihan, tetapi untuk latihan awal sebaiknya tanpa suara apapun sehingga mamas bisa berkonsentrasi penuh.
  4. Ulangi latihan ini setiap hari secara rutin selama 2 minggu berturut – turut, jika sudah merasa yakin untuk fokus hanya pada nafas, tingkatkan durasi perlahan menjadi 3 menit setiap harinya.
  • Meditasi Makan. Proses ini merupakan langkah lanjutan dari latihan dasar meditasi duduk. Jika mamas sudah menguasai fokus nafas, lanjutkan pada kegiatan rutin lain yaitu makan:
  1. Mulai dengan sarapan pagi, sebagai lanjutan dari aktivitas meditasi duduk. Fokuskan perhatian hanya pada makan dan bernafas.
  2. Disarankan untuk tidak melakukan aktivitas lain selain makan, termasuk bermain smartphone atau menonton televisi.
  3. Latihan ini bertujuan untuk melatih panca indera perasa dengan sebenar – benarnya, agar kita dapat merasa lebih bersyukur dengan nikmat yang diterima; serta memilah konsumsi makanan yang baik bagi tubuh.
  • Meditasi Berjalan. Bertujuan untuk melatih kepekaan kita terhadap nikmat tubuh yang telah diberikan oleh Tuhan melalui kaki, dan organ – organ lainnya.
  1. Luangkan waktu dalam bagian aktivitas mamas (saat pergi ke kantor atau istirahat siang) untuk menikmati momen hanya berjalan saja.
  2. Fokus hanya pada nafas dan langkah yang dibuat, nikmati sensasi getaran pada kaki dan anggota tubuh lain yang merasakan kesegaran alam di sekitar.
  3. Fokuskan latihan bertahap, awali dengan 5 menit dan lanjutkan dengan aktivitas biasa.
  • Single Tasking. Latihan ini merupakan kebalikan dari multitask. Single tasking memungkinkan mamas untuk hanya berfokus pada satu hal yang sedang dilakukan agar tidak terpecah konsentrasi, menyelesaikannya, lalu beralih ke aktivitas berikutnya:
  1. Tuliskan to do list hari ini, lakukan semua aktivitas tersebut satu persatu dengan penuh konsentrasi.
  2. Latih pikiran Anda untuk tidak memikirkan hal lain saat sedang berkegiatan. Ingat, we need some time, tidak apa – apa jika mamas merasakan pikiran datang dan pergi sesuka hati. Kembalilah pada fokus latihan semula, atau fokus pada nafas.

Latihan – latihan diatas secara perlahan dapat membantu Anda untuk lebih tenang, menikmati momen disini – kini, dan lebih tenang dalam memutuskan sesuatu. Selamat mencoba, Mamas! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares