Health

6 Makanan untuk Redakan Batuk Anda

By  | 

Cuaca yang kurang baik saat ini, bila tidak diimbangi dengan stamina tubuh yang fit, tentu akan sangat memengaruhi kondisi kesehatan Anda. Salah satunya adalah terserang batuk.

Batuk adalah salah satu penyakit yang mengganggu saat cuaca sedang buruk. Rasanya tentu tidak enak bukan, Mamas. Jika tenggorokan sudah terasa gatal maka biasanya Anda jadi sulit untuk mengontrol batuk. Dan anehnya, entah mengapa bagi sebagian orang batuk ‘nakal’ ini sulit disembuhkan meskipun sudah minum obat.

Nah, bila mamas termasuk orang yang sering batuk dan tak manjur mengonsumsi antibiotik, ada baiknya Anda kembali ke hal yang natural.
Seringkali, cara yang alami dan jauh dari campuran kimia obat-obatan ini justru tak terpikirkan oleh kita. Misalnya saja dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini mams. Semoga dapat membantu meringankan batuk Anda ya..

1.Anggur.
Baik anggur yang berwarna merah, hijau, maupun kehitaman, anggur ternyata berkhasiat untuk membantu meringankan batuk. Anggur juga berfungsi sebagai pencair dahak yang efektif. Mamas bisa mengonsumsinya dengan cara mengolahnya menjadi jus dan mencampurnya dengan madu.

2. Cuka apel.
Seperti kita ketahui, cuka apel merupakan solusi untuk beberapa masalah kesehatan, termasuk diantaranya batuk. Campurkan dua sendok makan cuka apel dalam 240-300 ml air. Mamas juga dapat mencampurnya dengan air hangat dan madu untuk memberi rasa nyaman di tenggorokan.

3. Jus lidah buaya.
Sudah pernah mencobanya, mams? Campuran lidah buaya dan madu juga merupakan salah satu alternatif obat alami yang dapat membantu menyembuhkan batuk lho, mams. 

4. Susu hangat dengan madu.
Campuran dari susu hangat dan madu Bisa menjadi obat mujarab untuk batuk kering Anda. Bila mamas rutin mengonsumsinya sebelum tidur malam, tidur Anda akan lebih nyenyak karena tak akan terganggu dengan batuk yang kerap muncul tengah malam.

5. Bawang putih.
Sebagai salah satu bumbu dapur yang bersifat antibakteri dan antimikroba, bawang putih bisa membantu mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Anda bisa mengonsumsinya dengan merebus beberapa suing bawang putih dan minum air rebusannya atau Anda bisa memakannya langsung secara mentah.

6. Jahe.
Bumbu dapur lain yang juga memiliki khasiat menyembuhkan batuk adalah jahe. Kupas bersih jahe dari kulitnya, cuci, lalu iris tipis-tipis dan rebus dengan bersama beberapa cangkir air. Minum rutin sehari dua kali untuk membantu mengatasi tenggorokan gatal, batuk yang terus-menerus, hingga dahak yang sulit dikeluarkan.

Selamat mencoba, mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares