Mind

7 Gerakan Yoga Penghilang Stres

By  | 

Beberapa pose dan gerakan yoga bermanfaat untuk menghilangkan penat, lelah dan stres setelah seharian Anda beraktifitas, Anda bisa mencobanya di rumah!

 1. Child’s Pose   (Balasana)
Child’s pose adalah pose yoga untuk mengistirahatkan raga dan membantu pikiran tenang, mengurangi stres dan kecemasan sementara tubuh dalam posisi peregangan secara lembut di bagian belakang. Ini juga baik untuk sistem saraf.

2. Bridge Pose (Setu Bandha Sarvangasana)
Pose jembatan adalah posisi peregangan yang lembut untuk punggung dan kaki, yang fungsinya mengurangi stres dan ketegangan. Pose ini juga dapat mengurangi kecemasan, kelelahan, sakit punggung, sakit kepala dan insomnia, dan bahkan menjadi terapi untuk tekanan darah tinggi, papar Eva Norlyk Smith, Ph.D, guru yoga dan Managing Editor di YogaUOnline.

3. Standing Forward Bend (Uttanasana)
Pose yoga ini sering digunakan sebagai transisi diantara pose lainnya, Uttanasana memiliki banyak manfaat jila dipraktekkan sebagai pose single. Posisi dengan meregangkan paha belakang, paha, pinggul bermanfaat untuk menghilangkan stres, kelelahan dan depresi ringan. Pose ini yang paling bermanfaat mengurangi stres adalah  dengan lutut sedikit ditekuk. Sorang ahli yoga, Kennedy mengatakan “pose ini bagus untuk kaki dan fisik tubuh lainnya, utuk menenangkan pikiran serta menyeimbangkan aliran darah agar lancar.” katanya.

4. Eagle Pose (Garudasana)
J
ika anda sering menerapkan pose elang,  dapat membantu menangkal stres dengan meningkatkan konsentrasi dan keseimbangan. Gerakan ini melibatkan bahu, punggung atas dan pinggul. “Pose elang adalah usaha melepaskan ketegangan di bahu, kaki dan punggung, dan membutuhkan fokus pikiran Anda untuk tetap seimbang di dalamnya,” kata Kennedy. “Kau benar-benar memeras ketegangan keluar dari tubuh. Hal ini sangat aktif menangkal stres”.

5. Corpse Pose (Savasana)
Kebanyakan praktek yoga beberapa menit terakhir selalu dihabiskan dengan pose savasana. Pose ini sangat mudah dan menjadi bagian paling menenangkan dari semua pose. Savasana membuat tubuh benar-benar dalam ketenangan jiwa dan menekankan relaksasi total. Savasana dapat memicu “respon relaksasi” tubuh dalam keadaan istirahat yang memperlambat pernapasan dan menurunkan tekanan darah serta menenangkan sistem saraf. “Savasana adalah relaksasi pose,” kata Kennedy. 

6. Legs Up The Wall Pose (Viparita Karani)  
Norlyk Smith merekomendasikan pose kaki beristirahat sampai dinding berfungsi untuk mengurangi stres. Pose ini secara tradisional dianggap memperlambat proses penuaan. “Ini membantu memperlancar aliran darah dan kelenjar getah bening kembali memusat ke daerah jantung,” katanya. 

7. Dolphin Pose  
Posisi dolphin pose yoga hampir mirip dengan posisi anjing (ardho mukha svanasana) yang sama-sama mengahadap ke bawah, bedanya adalah pada dolphin pose posisi kedua lengan menempel dan sejajar di lantai. Pose ini dapat membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres dan mengurangi kecemasan, menurut Yoga Journal. Posisi ini juga bermanfaat meregangkan bahu, leher dan tulang belakang. Sehingga menghilangkan kaku otot, dan badan terasa ringan.

(Yosi Avianti/Photo : Various, Istockphoto.com)

Shares