Parenting

Begini Cara Marie Kondo Mengajarkan Tidy Up Pada Anak

By  | 

Marie Kondo, ratu decluttering sekaligus mama dari dua orang anak Satsuki (3) & Miko (2) punya cara tersendiri untuk menurunkan bekal “Konmari Method” kepada anak – anak sejak dini. Ajarkan juga untuk Si Kecil di rumah, yuk!

“After becoming a mom, now I’m thinking about what sparks joy for my child, for my family. Realizing how happy I can be when I’m spending time with my family has been one of the wonderful surprises.”

Menurutnya, mengajarkan konsep tidy up dapat dilakukan sejak usia 1 tahun, segera setelah anak – anak mulai dapat belajar berjalan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda ajarkan:

  1. Melipat baju. “Saya selalu berusaha untuk meluangkan waktu melipat baju di depan anak – anak, supaya mereka bisa meniru apa yang saya lakukan. Memberikan pengarahan cara melipatnya juga saya lakukan sejak usia dini,” ungkapnya.
  2. Anak – anak melihat ekspresi orangtuanya, “Dalam mencontohkan aktivitas ini, karena saya begitu menikmatinya, mereka jadi memahami bahwa melakukan tidy up adalah hal yang menyenangkan. Hal ini perlu ditanamkan sejak dini agar anak – anak tidak merasa mengerjakannya sebagai sebuah tugas.”

3. Disiplin. Yuk mulai mengajarkan Si Kecil untuk mengembalikan mainannya di tempat penyimpanan setelah selesai digunakan. Sesekali bantu mereka, atau dampingi saat melakukannya dan berikan pujian.

4. Perlukah menyimpan semua karya anak – anak? Menjawab hal ini, Marie Kondo menyarankan untuk mulai mengajarkan anak – anak memilih karya yang paling mereka suka, yang membuatnya bahagia/sparks joy. Sisanya, orangtua dapat meminta anak – anak membuangnya dan memberi pengertian bahwa terlalu banyak barang hanya akan menumpuk di sudut ruangan tanpa terpakai. Selamat mencoba, Mamas! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

Shares