Parenting

10 Reasons Why Baby Loves You

By  | 

Si Kecil yang masih sangat tergantung dengan Anda, seakan – seakan tak bisa lepas dari Anda. Melelahkan memang, namun di sisi lain juga membahagiakan bukan, mengetahui ia sangat mencintai Anda?

Memiliki bayi bukanlah hal yang mudah. Hidup Anda sepertinya terenggut olehnya karena selama 24 jam waktu Anda tercurah hanya untuknya. Dari menyusui, mengganti popok, memandikan, menyusui lagi, menggendong, berulang – ulang tanpa henti. Walau ia belum bisa tersenyum atau memperlihatkan rasa cintanya untuk Anda, namun baginya Anda adalah segalanya.

1. Suara dan aroma tubuh Anda.

Bayi tampaknya mengenali sang mama secara instan. “Bayi yang baru saja lahir, penglihatannya tidak bagus, tetapi saat sang mama mulai berbicara dengan suara yang menenangkan, bayi akan berbalik ke arahnya atau membuka matanya,” kata Laura Riley, MD, dokter kandungan dan penulis buku You and Your Baby: Pregnancy (Meredith). Hal itu terjadi karena dia bisa mendengar suara sang mama sejak ia berada dalam rahim. Baby mendengarkan Anda berbicara selama berminggu-minggu sebelum ia lahir. Bukti lainnya bahwa Anda istimewa: bayi yang baru lahir dapat memalingkan kepalanya dari orang asing karena suara dan aroma yang tidak dikenal. “Jika saya menggendong bayi dengan cara yang sama seperti mamanya, saya akan mendapatkan reaksi yang berbeda tidak seperti ketika bayi tersebut digendong oleh sang mama,” lanjut Dr. Riley.

2. Anda menyediakan makanan untuknya.

Apakah itu berasal dari payudara atau botol, susu yang Anda berikan kepadanya memberinya lebih dari sekadar nutrisi. Ketika dia menangis karena kelaparan, dia sebenarnya tidak tahu apa yang salah. Namun secara ajaib Anda membuat semuanya lebih baik. Setiap kali ia minum susu, secara tidak langsung Anda memberi tahunya bahwa Anda akan menjaganya. Saat ia mempelajari hal itu, segalanya menjadi lebih mudah bagi Anda berdua. “Jika orang tua merespons berulang kali tangisnya dengan cara yang membuatnya tahu bahwa kebutuhannya akan terpenuhi, sekitar 3 bulan tangisnya akan berkurang,” terang Elaine Zwelling, RN, PhD, direktur Lamaze International Childbirth Educator Certification Program dari University of South Florida.

 

Portrait of beautiful baby with blue eyes in mother’s arms- child, happiness and childhood concept

 

3. Dia mengagumi wajah sang mama

Bayi baru lahir memang belum bisa melakukan banyak hal kecuali makan (menyusu baik dari payudara mama maupun botol). Saat makan, mata mereka mencari objek yang bisa dipandang. “Salah satu objek pertama yang akan menjadi fokus bayi adalah wajah,” ujar Zwelling, yang juga anggota Pampers Parenting Institute. Bidang penglihatan bayi adalah 10 hingga 12 inci, yang posisinya tepat untuk memandang ke atas, ke wajah Anda, dan ia pun langsung jatuh cinta pada wajah sang mama.

4. Ketika ia menangis, Anda menghiburnya.

Saat ia menangis atau rewel karena merasa tak nyaman, Anda adalah orang yang hadir untuknya dan berusaha membuatnya kembali nyaman. Baik menghiburnya dengan bermain ci luk ba, memeluk, atau bahkan menggendongnya, itu akan membuatnya kembali tenang.

5. Gerakan tubuh Anda menenangkannya.

Saat Anda berjalan, irama gerakan Anda ataupun suara Anda, sangat akrab baginya. Bayi Anda telah bergerak bersama Anda selama sembilan bulan terakhir, dan rasanya menyenangkan untuk melakukannya sambil berada dalam gendongan Anda. Bahkan gerakan mamas yang paling sederhana pun bisa dikenali dengan baik olehnya. “Banyak wanita mengusap perut mereka ketika sedang hamil — setelah bayi itu lahir, saya akan melihat mereka secara tidak sadar menggosok punggung bayi dengan cara yang sama,” ucap Dr. Riley.

6. Anda adalah tempat ia merasa tenang dan nyaman.

Pergi ke mall atau ke taman bisa membuatnya merasa panik. “Jika Anda tenang, energi Anda dan segala sesuatu tentang Anda memberi tahu bayi Anda bahwa semuanya baik-baik saja, bahwa Anda akan merawatnya,” jelas Jenn Berman, PhD, seorang psikoterapis dan penulis buku The A to Z Guide to Raising Happy. , Confident Kids (New World Library). Bukan berarti ia kemudian tak pernah rewel atau menangis walau berada dalam gendongan Anda. Namun ketika itu terjadi, Anda dengan segera akan menenangkannya. “Salah satu kunci untuk mengasuh anak adalah dengan membaca isyarat bayi Anda,” kata Berman. Ketika Anda merasa bahwa bayi Anda sudah tak nyaman dengan sesuatu dan Anda membawanya pergi, Anda menegaskan bahwa Anda berdua adalah tim dan Anda akan berusaha membuatnya senang dan nyaman.

7. Anda mengajarkan batasan.

“Seorang bayi yang mengetahui batasan adalah bayi yang aman di dunianya,” kata Caroline Winkler, co-writer The Pocket Parent (Workman). Batas disini maksudnya adalah melindungi bayi dari konsekuensi yang buruk, apakah itu jari yang terjepit pintu atau larangan Anda akan sesuatu. Bahkan bayi usia 4 bulan sudah dapat diajarkan beberapa batasan lho, mams! “Ketika saya akan memasukkan anak bungsu saya ke dalam gendongan, dia akan menjambak rambut dan menarik – keras,” kata Winkler. “Bahkan jika itu tidak sakit sekalipun, itu tetap tidak bisa dibenarkan! Saya harus mengajarinya bahwa menarik rambut tidak diperbolehkan. Jadi setiap kali dia menarik rambut, saya akan melepas gendongan dan berkata, ‘Tidak ada rambut yang ditarik. Rambut yang ditarik sakit.’ Butuh beberapa waktu baginya untuk memahami hal itu, dan kami juga terlambat, tetapi pada akhirnya ia benar-benar mengerti,” lanjut Winkler. Dengan menunjukkan pedoman semacam itu, Anda mengajarinya aturan yang nantinya akan membantu dirinya ketika usianya semakin besar.

 

Young mother and newborn baby in white bedroom

 

8. Anda berbicara dengannya.

Pada saat bayi Anda cukup besar untuk mulai merespons, mamas telah mengatakan ribuan kata kepadanya. Melalui Anda, dia belajar bahasa dunianya. “Kemampuan mereka untuk memahami jauh lebih besar daripada kemampuan mereka untuk mengekspresikan diri,” kata Jamie Loehr, MD, dokter anak dan co- writer The Playskool Guide to Baby’s First Year (Sourcebooks). Saat bayi Anda mendekati ulang tahunnya yang pertama dan mencoba berbicara, tidak ada yang akan memahaminya lebih baik daripada Anda. “Mamas juga akan melihat bayi Anda mengikuti petunjuk,” tambah Jen Meyers, co-writer The Playskool Guide to Baby’s First Year (Sourcebooks). Contohnya seperti mengangkat lengan sehingga Anda bisa melepas kemeja. “Ketika mamas melihat hal itu, Cobalah mengajarkan beberapa bahasa isyarat – tangan, itu jauh lebih mudah daripada mengajarkannya bicara untuk saat ini.” Bahkan jika Anda tidak berencana mengajarkan tanda-tanda untuk mengucapkan “susu” atau “makan,” Anda mungkin bisa melihat bayi mamas menciptakan tanda-tanda yang ia ciptakan sendiri.

9. Anda membuatnya merasa aman.

Tidak mudah menciptakan rumah yang aman untuk bayi yang sedang merangkak. “Anda harus turun ke lantai untuk melihat hal-hal yang membahayakan langsung dari jarak pandang bayi ketika merangkak,” kata Dr. Loehr. “Jika tanaman itu yang bisa dilihatnya, dia akan merangkak dan bermain disitu.” Memindahkan tanaman selama beberapa bulan, meletakkan kunci di atas lemari, dan memindahkan barang pecah belah ke atas adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk membuat bayi Anda aman.

10. Ia tahu kalau Anda mencintainya.

Hal kecil seperti menyuapinya sambil bermain pesawat terbang, atau sekedar memeluknya sambil mendongeng sebelum tidur, apapun yang Anda lakukan untuknya setiap hari yang menunjukkan kasih sayang Anda untuknya, ia tahu bahwa Anda mencintainya. Dan ia pun mencintai Anda. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares