Mind

6 Resolusi Kesehatan yang Mudah Anda Lakukan

By  | 

Memasuki  awal  tahun, Anda pasti memiliki banyak rencana demi menjadi pribadi yang lebih baik. Smartmama punya resolusi kebiasaan baik yang harus Anda pertahankan dan lakukan demi kehidupan yang lebih sehat dan bahagia!

1. Perbaiki Waktu Istirahat

Ketika tidur dengan tepat waktu, pikiran dan tubuh yang sehat akan terasa di pagi harinya. Tak hanya tubuh, kulit pun ikut terlihat segar karena proses regenerasi yang optimal saat tidur. Jika sedang dalam program diet, waktu tidur juga menjadi amat berpengaruh pada berat badan. Tidur di malam hari idealnya berlangsung selama 8 jam. Jika tidur 8 jam tiap malam tidak memungkinkan, mulailah niatkan untuk tidur 15 menit lebih awal dari jam tidur biasanya.

2. Olahraga Ringan

Terkadang banyak yang lupa kalau jalan kaki adalah seringan-ringannya olahraga yang bisa dilakukan setiap hari, gratis pula! Banyak manfaat yang bisa didapat dengan berjalan kaki. Manfaatnya antara lain mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes, hingga mengurangi risiko kanker. Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa dengan jalan 10.000 langkah sehari, baru akan memberi manfaat tersebut. Namun, bila tidak sanggup, cukup lakukan sekitar 10 sampai dengan 30 menit. Asalkan rutin meluangkan waktu untuk hal tersebut, niscaya pasti ada hasil.
3. Makan Tepat Waktu
Dari sarapan, makan siang dan malam, usahakan selalu tepat waktu meski Anda tenga sibuk. Karena di tengah aktivitas yang Anda jalani, asupan makanan yang tepat menjadi pendukung buat kerja tubuh Anda secara maksimal. Kendati dalam proses diet, skip waktu makan bukan cara jitu yang buat bobot tubuh Anda menjadi berkurang, melainkan akan buat Anda merasa lapar yang berlebih di jam-jam berikutnya. Cara sukseskan diet adalah dengan tetap mengonsumsi makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan Anda pada jam makan.

4. Konsumsi Air Putih Secara Cukup
Meskipun ada teori yang mengatakan cukup dengan 8 gelas sehari, nyatanya kebutuhan tubuh setiap individu berbeda. Belum lagi jenis kegiatan dan situasi yang Anda hadapi bisa saja menuntut kebutuhan mineral yang lebih dalam tubuh. Selalu luangkan waktu Anda untuk mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya untuk menjaga kinerja organ dalam bekerja dengan baik dan optimal.

5. Rutin Periksa Kesehatan
Merasa tubuh dalam keadaan baik-baik saja, jangan lantas buat Anda luput dari pengecekan kesehatan ke dokter. Ingat pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, mengetahui hasil tes kesehatan menyeluruh secara rutin tandanya Anda mau untuk memberikan perhatian ekstra untuk menjaga kebugaran.

 

6. Berpikir positif 

Ini yang mungkin jarang Anda lakukan. Ya, seringkali, orang hanya fokus kepada olahraga dan mengatur pola makan demi kesehatan tubuh. Memang kedua hal itu benar, tapi jangan lupa juga untuk mengelola stres dengan baik. Stres merupakan salah satu akar penyebab berbagai penyakit yang dialami manusia, baik secara fisik maupun psikologis. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares