Mind

How Motherhood Changes Their Life

By  | 

Did motherhood changed you? We bet you will say ‘Yes’! Kita yang tadinya hanya ‘sibuk’ mengurus diri sendiri dan suami, kini memiliki prioritas yang berbeda. Begitupula dengan kedua mompreneur ini, Tyna Kana Mirdad dan Adya Kirana. Simak perbincangan SmartMama dengan kedua mama ini yuk, mams!

Tyna Kanna Mirdad yang juga istri dari aktor Kenang Kanna Mirdad ini merupakan mama dari 2 orang anak perempuan bernama Alaina dan Aluna. Sedangkan Adyakirana adalah mama dari seorang anak perempuan bernama Aiyra. Kedua mama ini akan berbagi kisah mereka dalam menjalani perannya sebagai seorang mama.

 

Tyna dan kedua anaknya

Tyna dan kedua anaknya

 

Q: Perubahan yang dirasakan setelah menjadi mama?

Tyna (T): “Menjadi seorang mama benar-benar merubah diri saya 180 derajat, tidak bisa diungkapkan bagaimana rasanya. Menjadi mama membuat saya merasa jadi wanita seutuhnya. Saya pun jadi lebih peka dengan sekeliling saya, terutama yang berkaitan dengan anak.”

Adyakirana (A): “Banyak sekali yang berubah. Setelah memiliki anak, ada seorang anak yang tergantung dengan saya, tanggung jawab lebih besar. Semua itu membuat saya merasa tersanjung dan bahagia dengan perubahan yang saya alami ini.”

 

Adya bersama Aiyra

Adya bersama Aiyra

 

Q: Bagaimana membagi waktu agar tetap seimbang?

T: “Tentunya untuk urusan rumah lebih banyak daripada waktu yang saya habiskan untuk pekerjaan. Menghabiskan waktu bersama keluarga adalah prioritas saya. Saya juga beruntung memiliki suami yang romantis. Ia selalu memberikan kejutan-kejutan yang tidak terduga bagi saya dan anak-anak.”

A: “Kalau sama anak pasti 24 jam ya. Walau begitu, saya dan suami tetap berusaha untuk dapat meluangkan waktu bersama. Kadang saat weekend kami menitipkan Aiyra di nenek – kakeknya agar kami bisa kencan. Hangout, jalan berdua ke mall, atau sekedar nonton berdua masih sering kami lakukan. Lagipula Aiyra sekarang sudah tidur sendiri, jadi lebih mudah bagi kami.”

 

Tyna bersama keluarga

Tyna bersama keluarga

 

Q: Seperti apa sih parenting style kalian?

T: “Saya selalu berusaha untuk menjelaskan apapun diawal pada anak-anak tentang segala sesuatu yang akan mereka hadapi. Tidak disangka anak-anak bisa sepintar itu, mereka bisa mengerti penjelasan saya dengan mudah. Saya juga selalu mengajarkan pada anak-anak yang sudah mulai beranjak besar, bahwa cantik itu bukan hanya dilihat dari fisik, tapi cantik juga bisa dilihat dari kebaikan hati.”

 A: “Saya selalu memberi kebebasan pada anak, selama tidak keterlaluan. Jadi sebisa mungkin saya selalu menghindari kata ’jangan’. Ini saya lakukan dengan harapan agar ia lebih terlatih dan bisa menyelesaikan masalahnya dengan belajar terlebih dahulu. Jika ia mulai kesulitan, maka bisa kita ajarkan sedikit demi sedikit.”

 

Adya bersama keluarga

Adya bersama keluarga

 

Q: Liburan baru saja usai. Apa saja sih tips yang bisa dibagikan bagi smartmamas agar liburan bersama keluarga terasa lebih nyaman dan menyenangkan?

T: ”Tentunya saya mencari tempat berlibur yang kids friendly, safe buat anak-anak dan selalu ada playground. Jika berlibur keluar negeri, saya selalu search dahulu tempat yang menarik dan bagus untuk anak-anak. Selain mendidik, tempat tujuan tersebut juga tetap bisa menghibur kami sekeluarga.”

A: “Tentunya saya dan suami akan merencanakan ini sejak jauh-jauh hari. Soal packing-nya sudah disiapkan dari day one sampai day keberapa sudah dipisah-pisahkan agar terorganisir dengan rapi. Begitu pula untuk makanan, saya dan suami membebaskan Aiyra dalam hal itu. Ia diperbolehkan makan nasi dengan telur atau nasi dengan nugget selama liburan. Yang penting makannya tidak terlewat dan tetap happy selama liburan. Saya juga tidak lupa menyiapkan vitamin dan obat-obatan ketika bepergian jauh, apa lagi bila tempat tujuan kami berlibur memiliki perbedaan cuaca / musim.” (Irfan Hakim/Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Instagram Tyna dan Adyakirana)

Shares