Education

5 Hak Dasar Anak & Langkah untuk Memenuhinya

By  | 

Dunia memperingati Hari Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November setiap tahunnya. UNICEF mengajak kita semua, warga dunia untuk lebih peka terhadap hak – hak anak yang telah digaungkan selama 30 tahun hingga saat ini. Apa saja?

Menggandeng aktris muda Millie Bobby Brown, organisasi di bawah naungan UN yang menangani berbagai hal terkait pemenuhan hak anak ini mengajak kita untuk menyebarkan movement positif terkait kesejahteraan anak – anak di seluruh dunia.

Berikut adalah hak dasar anak yang wajib kita pahami:

1. Hak untuk mendapat akses pendidikan.

2. Hak untuk mendapat perlindungan: Fisik, emosional, seksual, dan perlindungan dari penelantaran.

3. Hak untuk bermain.

4. Hak untuk menikmati waktu luang.

5. Hak untuk didengarkan.

UN0202777_WCD_logo_BW_EN

“Go Blue!” menjadi tema besar yang diangkat UNICEF tahun ini untuk mengingatkan kita, para orang tua agar lebih aware terhadap langkah konkrit pemenuhan hak – hak dasar anak. Question: Sudahkah Si Kecil mendapatkan kelima hak diatas?

Berikut hal – hal yang dapat mamas lakukan untuk membekali Si Kecil ilmu terkait perlindungan diri secara seksual:

1. Ajarkan cara-cara menolak perlakuan buruk terhadap tubuhnya, termasuk sentuhan-sentuhan pada daerah-daerah tertentu seperti alat kelamin dan payudara.

2. Jelaskan batas kenyamanan dalam soal ekspresi berkomunikasi, misalnya hanya boleh cium tangan dan pipi sebagai tanda salam; namun tidak untuk bagian tubuh yang lain. Jelaskan pula perbedaan makna mencium di pipi dan bibir.

Charming boy posing with heart

3. Biasakan anak – anak untuk memakai baju yang nyaman dan sopan, untuk menghindari perlakuan negatif dari orang lain.

4. Ajarkan Si Kecil mulai mengenal bagian tubuh serta fungsinya dengan baik (Baca juga: Panduan Pendidikan Seks Usia Dini Ala dr. Boyke).

Momen ini sekaligus menjadi reminder bagi kita, para mama, untuk melakukan introspeksi diri: Sudahkah kita memenuhi kewajiban untuk membimbing, menemani, dan memberikan contoh positif pada mereka setiap saat?. Karena “menemani” berarti “be there with your heart”, let us be a lovable parents, starts today. Happy Children’s Day! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various, Istockphoto.com)

 

Shares