Mind

Smart Mama Story: Rini Yulianti

By  | 

“Jika diungkapkan, kehamilan bagi saya berarti keajaiban, keberuntungan, dan kebahagiaan.”

Hal inilah yang dirasakan oleh Rini Yulianti, Mamas to be yang saat berbagi cerita tentang kehamilan dengan Smart Mama, sedang menjalani masa trimester ketiganya. Bagaimana ya, persiapannya menjadi seorang mama? Berikut obrolan kami.

Gaya Hidup Sehat & Manfaatnya untuk Kehamilan

Selama 3,5 tahun setelah pernikahan, saya dan suami menunggu kehadiran buah hati. Sudah mencoba berbagai program kehamilan, tapi yang berhasil menurut saya adalah karena mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

IMG-20181101-WA0008

Dimulai dari perubahan pola makan menjadi lebih sehat, aktif berolahraga, dan mengistirahatkan pikiran, saya mengganti konsumsi nasi putih menjadi nasi merah dengan kadar gula rendah, perbanyak minum jus buah & sayur. Hal ini ternyata berimbas cukup baik tidak hanya pada kesehatan tubuh, tetapi juga memicu kehamilan pertama.

Pernah dibully netizen saat hamil..

Melalui sebuah foto yang saya unggah di Instagram, ingin saya sampaikan bahwa perubahan bentuk tubuh pada masa kehamilan adalah hal yang sensitif bagi setiap mamas to be. Daripada berkomentar “Perutnya besar banget!” atau “Nambah berapa kg tuh berat badannya?”, alangkah baiknya jika kita bisa mengeluarkan statement yang mendukung mereka. Do not judge people by its cover. Karena kita tidak pernah tahu yang terjadi dibalik keseharian/kehamilannya.

Screen Shot 2018-11-05 at 10.54.49 AM

Saya misalnya, pada trimester pertama selalu merasa lapar sehingga setiap 1 – 2 jam sekali perlu makan. Jika tidak, ulu hati saya sakit. Hingga bulan ke 9 ini, pertambahan berat badan sudah mencapai 18 kilogram dan seringkali tidak bisa bernafas dengan lega. Netizen kan tidak tahu, jadi sebaiknya hindari melakukan shaming kepada orang lain.

 Tetap berolahraga di akhir masa kehamilan

Ini yang paling penting: Perhatikan & dengarkan tubuh masing – masing. Kalau sudah tidak kuat ya sebaiknya istirahat saja. Nah, dalam kasus saya, karena olahraga sudah menjadi kebiasaan bahkan sebelum hamil & sesuai saran trainer masih diperbolehkan, maka saya lakukan.

Screen Shot 2018-11-05 at 10.59.54 AM

Berenang dan jalan kaki kerap saya lakukan di trimester pertama kehamilan. Lalu masuk ke bulan 4 – 9, saya aktif pilates, yoga & gym. Orang hamil itu bukan orang sakit, lho.. Jadi tetap usahakan bergerak & olahraga, dan memastikan kondisi tubuh tidak kekurangan vitamin.

How does pregnancy changes you?

Sekarang saya jadi lebih banyak sabar, bahagia, dan merasakan keajaiban dalam tubuh! Kalau ke suami, saya jadi lebih manja, hehe.. Tapi ya.. masih dalam batas wajar, ya.

Selama hamil saya juga merasa mendapat banyak ilmu terkait kehamilan. Misalnya saat saya ngidam durian, saya berkonsultasi dengan dokter & mengetahui bahwa tidak ada larangan selama tidak terlalu banyak konsumsinya. Yang penting harus menghindari makanan mentah. Selama hamil juga saya jadi malas masuk ke dapur karena tidak nyaman dengan aromanya.

Lalu merasakan momnesia! Wah, yang ini sungguh di luar dugaan. Ternyata bisa sampai seperti ini ya, selama hamil kaya ingot saya menurun tajam, saya jadi lebih bisa memahami kondisi kehamilan seseorang luar dalam.

Screen Shot 2018-11-05 at 10.06.10 AM

Proses kelahiran

Pada tanggal 3 November 2018, Rini telah melahirkan bayi laki – laki bernama Xavier Young Min Ha. Saat kami temui di kawasan Jakarta Selatan, Rini mengungkapkan keinginannya untuk melahirkan secara normal pada hari prediksi lahir yang jatuh di tanggal 7 November 2018.

Tetapi keadaan berkata lain. Melalui pernyataan di akun Instagram sang Kakak, Ririn Ekawati, adiknya harus melahirkan melalui proses operasi Caesar karena kondisi air ketuban yang telah mengering. Congratulations on the birth of your baby!

Founder thebabyinc

Yes, saya dan kakak Kirin Ekawati sengaja mengabadikan momen kehidupan kami (personal & motherhood) melalui sebuah blog. Hal ini kami lakukan karena banyak sekali pertanyaan melalui sosial media yang dilontarkan oleh followers, tentang pengalaman proses kehamilan, beauty tips, hingga momen liburan. Semuanya kami rangkum melalui sharing pengalaman. Well, selamat menjalani kehidupan baru sebagai seorang mama, Rini. You’re definitely one of our #SmartMamas! (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. Rini Yulianti)

Shares