Mind

Menghilangkan Kecanduan Gadget Pada Orang Tua

By  | 

Tidak hanya anak – anak yang umumnya kecanduan gadget, sadarkah Anda bahwa kita – orang tua – juga berpotensi mengalaminya?

Sejumlah anak – anak di Hamburg, Jerman, mengadakan aksi protes kepada orang tuanya karena dianggap terlalu sibuk dengan smartphonenya, pada awal bulan September 2018 lalu. Mengusung judul “Bermain denganku, tidak dengan ponselmu!”, 150 anak berjalan di sepanjang kota Hamburg untuk menyuarakan pendapatnya.

Aksi ini diawali oleh seorang anak bernama Emil Rustige (7) yang melancarkan protes kepada orang tuanya karena semakin jarang bermain bersama, tergantikan  aktivitasnya oleh gadget. Ayahnya yang berprofesi sebagai seorang dokter, Martin Rustige, membantu Emil mendaftarkan protes tersebut ke polisi setempat setelah mendapat dukungan dari 400 orang tua melalui Facebook.

Dilansir dari media Spiegel Online Jerman, psikolog Catarina Katzer mengungkapkan pendapatnya mengenai hal ini, “Jika orangtua tidak menanggapi kontak mata anak-anak mereka, ada penelitian yang menunjukkan bahwa hal itu menyebabkan stres fisik dan hormonal pada sang buah hati.”

Yuk coba 5 cara berikut untuk menghilangkan efek ketergentungan gadget pada diri kita, Mams:

1. Batas waktu. Cukup 5 – 10 menit setiap kali update notifikasi. Ingatkan diri sendiri untuk tidak terbawa keinginan berselancar di dunia maya lebih dari waktu yang ditentukan, agar tetap bisa mempertahankan fokus pada kegiatan sehari – hari.

2. Tidak memegang gadget saat akan tidur. Mulai manfaatkan momen sebelum tidur untuk istirahat penuh, baik secara fisik maupun psikis. Hal ini akan membantu Mamas terbiasa mengurangi interaksi dengan smartphone. 

3. Lakukan aktivitas pengganti. Banyak hal yang bisa kita lakukan, kok! Mulai dari membaca buku hingga decluttering. Mana yang menjadi pilihan Anda?

4. Kecilkan volume notifikasi. Sudah bukan rahasia jika kita selalu ingin mengetahui update, tidak hanya sosial media, tetapi juga aktivitas dan kabar yang diterima melalui email dan pesan singkat. Memperkecil volume notifikasi dapat membantu mengurangi frekuensi interaksi dengan gadget, mulai dari sekarang!

5. Periksa lagi kebutuhan aplikasi. Hapus aplikasi lain yang tidak dibutuhkan, sehingga frekuensi notifikasi juga akan berkurang. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istock, Various) 

 

Shares