Health

9 Langkah Eating Clean for Kids

By  | 

3 hal utama dalam pola hidup sehat diantaranya adalah pola makan sehat, olahraga, serta istirahat cukup. Tidak hanya berlaku bagi kita, orang dewasa, healthy lifestyle sebaiknya juga diperkenalkan kepada Si Kecil dengan cara yang fun. Smart Mama Reading List kali ini akan membahas buku lengkap yang berisi panduan hidup sehat untuk anak – anak di rumah.

Sudahkah Anda mengenal konsep Eating Clean? (Baca: Mengenal Pola Makan Sehat Eating Clean) Ternyata, konsep yang sama dapat diadopsi oleh anak – anak, lho!

Inge Tumiwa & family

Inge Tumiwa & family

Inge Tumiwa Bachrens, penulis seri buku Eating Clean sekaligus mama dari 4 orang anak Gyasi, Daniella, Desailly, dan Tatjana berbagi pengalaman mengenalkan Eating Clean pada anak – anaknya yang pernah mengidap obesitas, gangguan pencernaan, dan penyakit kulit eczema melalui buku “Panduan Mendidik Anak Makan Sehat Hidup Sehat”.

“Pola makan sehat sudah bisa diajarkan kepada anak pada saat berhenti minum ASI & sudah mendapatkan makanan padat. Mereka yang dibiasakan makan makanan sehat dan alami umumnya akan tumbuh menjadi anak yang memiliki selera dan pola makan sehat,” ungkapnya. Hal ini juga akan berpengaruh pada kondisi kesehatan badan, pikiran, dan jiwa mereka.

Screen Shot 2018-06-04 at 1.10.44 PM

Mengapa kita (dan anak – anak) sebaiknya membatasi konsumsi gula? 

1. Karena gula dapat menurunkan daya tahan tubuh. Gula dapat merusak keseimbangan bakteri baik dan bakteri buruk di dalam tubuh.

2. Makanan dan minuman manis serta konsumsi karbohidrat berlebih membuat gula darah tubuh naik turun secara drastis bagai roller coaster, dan naik turunnya gula darah akan diikuti dengan naik turunnya mood.

“Masa pertumbuhan otak anak yang paling crucial adalag antara usia 2 – 8 tahun. Jadi pastikan pada usia ini anak mengonsumsi cukup makanan yang membantu pertumbuhan otak.”

Apa akibat kekurangan konsumsi air putih? 

Kondisi tubuh kekurangan air atau dehidrasi, akan turut menghambat proses pencernaan dalam tubuh & memengaruhi kondisi emosional; membuat tubuh masuk dalam suasana cemas.

9 Langkah Eating Clean for Kids

9 Langkah Eating Clean for Kids

Berikut hal yang dapat membantu mengoptimalkan kesehatan tubuh Si Kecil: 

1. Sarapan sehat di pagi hari. Untuk mencegah naik turunnya gula darah tubuh, beri mereka protein alami, banyak serat dan sedikit karbohidrat kompleks untuk turut mencegah terjadinya mood swings.

2. Pilihan snack sehat. Diantaranya camilan sehat alami kaya serat, mengandung lemak sehat, dan mengandung protein alami.

3. Olahraga. Bergerak aktif dapat membantu tubuh kita mengeluarkan hormon serotonin yang memengaruhi rasa senang dan kebahagiaan diri.

Boy standing on his bed and looking out the window

4. Sinar matahari pagi. Menjadi penting karena sinar matahari sebelum pukul 9 dapat membantu meningkatkan produksi hormon serotonin dan memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Konsumsi juga makanan alami yang mengandung omega 3 seperti telur dan ikan.

5. Istirahat cukup. Jam tidur yang disarankan untuk anak – anak diantaranya: Anak berusia 3 – 5 tahun membutuhkan 11 – 13 jam tidur; usia 5 – 12 tahun membutuhkan 10 – 11 jam tidur; usia 12 – 18 tahun membutuhkan 8 – 10 jam tidur.

Salah satu resep praktis eating clean

Salah satu resep praktis eating clean

Mulai dari sekarang! 

Mengenalkan konsep makan sehat untuk anak – anak harus dimulai sejak dini, melalui contoh dan disiplin positif. Eating Clean dapat diwujudkan melalui menu – menu masakan sehat yang dimulai dari rumah. Its not an easy way, of course. Kunci utama melakukan perubahan positif adalah jalan panjang yang butuh kesabaran ekstra. Ajak mereka ikut aktif memasak & menyiapkan makanan untuk keluarga. Cara ini tentu dapat membangkitkan minat mereka untuk mencoba berbagai jenis makanan baru, termasuk buah & sayur. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, dok. Kawan Pustaka)

Shares