Health

Tips Mudik Nyaman Saat Hamil

By  | 

Mudik bisa jadi momen yang menyenangkan bagi setiap keluarga, baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi, selama dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Terlebih saat Anda sedang hamil. Kondisi fisik yang berubah dan ketahanan tubuh yang tak seperti sebelum hamil, membutuhkan perhatian ekstra agar mudik Anda tetap nyaman.

Yuk, simak beberapa tip berikut ini agar mudik Anda bersama keluarga tetap berkesan.

1. Pastikan Kesehatan Anda dan janin cukup prima untuk melakukan perjalanan mudik. Konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan Anda ya, Mams to be!

2. Kenakan pakaian dan alas kaki (sepatu atau sandal) yang nyaman. Pakaian longgar dengan bahan yang dingin dan menyerap keringat, serta sandal atau sepatu dengan hak datar akan sangat membantu mamas to be tetap nyaman selama dalam perjalanan.

3. Bila mamas to be memilih mudik menggunakan pesawat terbang atau kendaraan umum lainnya, pilihlah jadwal dengan jam kepergian dan jam tiba yang pas bagi Anda. Hindari pulang terlalu mepet dengan jadwal masuk kerja agar mama bisa memiliki waktu untuk istirahat sepulang dari mudik sebelum kembali bekerja.

4. Bila menggunakan kendaraan darat, minta kepada pengemudi untuk lebih berhati-hati selama perjalanan, apalagi jika melewati jalan yang berlubang atau bergelombang.

5. Hindari jalur dengan jalan tergenang air atau rawan banjir dan longsor.

6. Rute perjalanan yang berbukit dan berliku bisa membuat Anda menjadi lebih mudah mual. Karena itu, istirahatlah beberapa kali jika Anda terpaksa harus melewati rute seperti ini.

7. Sebaiknya batasi perjalanan tidak lebih dari 5 sampai 6 jam sehari. Bila lebih dari itu, sebaiknya mamas to be memutuskan untuk istirahat atau menginap di tengah perjalanan.

 

Pregnant woman with safety seat belt

 

8. Mengenakan seat belt saat hamil memang sangat tidak nyaman. Tapi Anda tetap harus mengenakannya demi keamanan. Posisikan belt bagian bawah di bagian bawah perut Anda, bukan di atasnya. Karena jika salah posisi, bisa melukai baby. Sedangkan belt bagian bahu diagonal harus berada di atas tulang selangka dan antara payudara Anda.

9. Untuk menghindari kaki bengkak, seringlah berhenti untuk bergerak dan meregangkan kaki Anda.

10. Selain kaki bengkak, calon mama juga rentan mengalami kram. Untuk mencegahnya, berhentilah, kemudian cari tempat yang aman untuk berjalan-jalan dan melakukan peregangan. Sambil duduk atau berdiri, jinjitkan salah satu tumit kaki Anda, lanjutkan dengan putar perlahan pergelangan kaki untuk melenturkan kaki dan meregangkan otot betis Anda. Setelah itu goyangkan jari-jari kaki Anda sambil duduk santai.

11. Mamas juga bisa mengganjal punggung dengan bantal untuk mencegah sakit punggung.

12. Hindari menyetir sendiri. Jika memang terpaksa menyetir sendiri, sebaiknya jangan lebih dari 90 menit.

Selamat mudik, Mamas to be!

(Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares