Parenting

Smart Mama Story: Ui Birowo

By  | 

Familiar dengan Ui Birowo? Founder Tiga Generasi sekaligus penulis buku seri “Anti Panik” yang juga mama dari 2 orang anak Arkananta Putra Birowo (12) dan Mahija Shafiq Birowo (7) ini selalu mencoba untuk memahami karakter Si Kecil melalui berbagai cara. Bagaimana ya, parenting style nya? 

Ditemui dalam acara peluncuran buku “Anti Panik Menjalani Kehamilan” pada Kamis (11/4/2018) bertempat di Jakarta Selatan, Ia mengungkapkan harapannya untuk menyebarkan ilmu dan informasi yang valid dari pakarnya tentang berbagai hal, mulai dari pengasuhan anak, relationship, kehamilan, hingga financial planning. 

20180419_121700-600x800

“Sekarang ini banyak sekali bermunculan sumber – sumber informasi melalui social media & blog tentang berbagai hal yang belum tentu kebenarannya secara teori/in a scientific ways karena masing – masing ditulis berdasarkan pengalaman yang berbeda – beda. Tiga Generasi ingin menjembatani kebutuhan tersebut melalui sesi konsultasi dan tools seperti buku,” ungkapnya.

Bagaimana parenting style yang diterapkan ke anak – anak selama ini? 

Arka & Mahija punya karakter yang sangat berbeda. Yang saya lakukan adalah berusaha seadil mungkin bagi keduanya. Arka misalnya, saat ini sedang mempersiapkan ujian tapi malas belajar. Kalau Mahija nggak perlu diminta, sudah menyiapkan waktu untuk belajar sendiri. Nah, dengan semua kepanikan saya ini, sebisa mungkin saya berlaku adil dalam arti tidak memanjakan salah satunya; tegas jika diperlukan.

Lalu karena usia Arka juga sudah menginjak remaja, saya deg – degan juga! Tapi dari kecil saya selalu membiasakan mereka untuk terbuka; saya memposisikan diri benar – benar menjadi teman. Sehingga sampai saat ini, kami memiliki remaja laki – laki yang sangat open kepada orang tuanya.

20180423_083057

Konsep ini bisa difasilitasi melalui berbagai aktivitas yang simple, kok.. seperti mengajaknya flashback tentang aktivitas yang dilakukannya seharian di sekolah bersama teman – temannya sesaat sebelum tidur. Cara seperti ini akan membantu kita membangun relationship yang kuat.

Share tips dong, Ui, untuk mengajak anak agar antusias belajar di rumah?

Selalu menjadi tantangan tersendiri saat mengajak anak berusia remaja untuk belajar bersama – sama dengan kita di rumah. Tapi jangan pernah menyerah, ya!

Saya pribadi selalu berusaha untuk memahami karakter belajar anak – anak sejak kecil. Arka dan Mahija berbeda, itu yang harus saya pahami.

Misalnya Arka, tidak bisa belajar melalui cara konvensional: Duduk, membaca lalu belajar. Ia butuh stimulasi melalui aktivitas casual yang fun lalu dibarengi dengan belajar; katakanlah menghafal. But it works on him. Cara inilah yang kemudian kami pilih untuk diterapkan saat berada di rumah.

Well, cara – cara ini bisa Anda coba untuk diterapkan di rumah saat Si Kecil sudah menginjak masa remaja nanti ya, Mams! 

(Nathalie Indry/KR/Photo: dok.Smartmama, Instagram)

Shares