Interior Design

Shabby Chic, Desain Hangat Nan Cantik

By  | 

Belakangan ini masyarakat menganggap hal-hal yang berbau vintage, klasik, atau retro merupakan sebuah gaya yang terkesan elegan dan glamour. Tren ini juga menjalar di dunia desain interior hingga kemudian lahirlah apa yang dinamakan dengan tren desain interior Shabby Chic. 

Asal mula desain gaya shabby chic pertama kali muncul pada tahun 1980-an di Britania Raya. Gaya ini mendapat inspirasi dari bentuk rumah dan bangunan tua yang tersebar di pedesaan. Istilah shabby chic berasal dari dua kata yaitu “shabby” yang berarti lusuh serta kata “chic” yang berarti indah atau cantik.

Dalam desain interior berarti gaya lusuh namun tetap kelihatan indah dan cantik. Kesan kuno dan lusuh tersebut malah bisa menciptakan sebuah gaya dekorasi tersendiri yang sangat orisinil.

Gaya desain ini cenderung menonjolkan pemakaian furnitur lusuh yang klasik atau vintage antik yang biasanya terdapat pada cottage atau pondokan tradisional di Inggris, inilah yang menjadi cikal bakal dari gaya dekorasi shabby chic di era modern seperti sekarang. Dengan mempresentasikan gaya yang terkesan anggun dan feminim, daya tarik interior gaya shabby chic sendiri terletak pada aplikasi warna yang cenderung menggunakan warna putih dan warna-warna pastel. Aplikasi motif pada elemen interior berbentuk semiformal, sedangkan penempatan furnitur berkesan klasik.

shabbychic5-2

Untuk pengolahan pada dinding umumnya interior gaya shabby chic mengkombinasikan dinding cat putih dan wallpaper bernuansa floral soft pada setiap ruang yang berbeda. Untuk lantainya sendiri interior gaya shabby chic cenderung menggunakan material alam seperti marmer dan parket. Untuk plafon banyak digunakan gypsum bercat putih memberi kesan bersih luas dan anggun.

shabby-chic-interior-showroom

Gaya interior satu ini tidak membutuhkan terlalu banyak ruang untuk bereksplorasi dengan warna karena sebagian besar pemilihan warna harus terpusat pada warna- warna yang sifatnya monokrom. Gaya interior shabby chic memang lebih menekankan pemakaian warna–warna pastel yang terkesan dingin dan lembut.

shabby_3-9-2943_765-t2943_115

Beberapa pilihan warna yang bisa digunakan jika ingin memunculkan kesan shabby chic seperti, warna merah muda, krem, biru muda, ungu muda, atau hijau. Perpaduan dari warna–warna tersebut dapat menonjolkan kesan klasik, romantis, feminin, dan memberi rasa tenang bagi penikmatnya.

shabby_4-2-2943_766-t2943_115

Untuk dekorasi ruangan, kehadiran furnitur antik merupakan ciri khas dari gaya ini. Untuk furnitur biasanya berbahan dasar kayu dan dicat secara tidak merata untuk memberi kesan usang atau tua.

maxresdefault

Untuk dekorasi lain, bisa menggunakan vas antik, lukisan kuno atau benda antik lain yang empunyai nilai seni. Jenis perabotan dengan model kuno atau model-model perabotan pada tahun 70an kebawah menjadi pilihan untuk konsep ini. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares