Finance

3 Ways to be a Smart Shopper!

By  | 

Walaupun sudah memasuki era digital dengan berbagai kemudahan layanan belanja online yang tersedia, grocery shopping ternyata masih menjadi salah satu aktivitas rekreasi yang menjadi favorit keluarga, lho!

20180212_125651

Hal ini diungkapkan dalam sesi konferensi pers yang dilakukan oleh HSBC dan The Food Hall, Senin (12/1/2018) bertempat di Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Sebuah riset yang dilakukan oleh USDA Foreign Agricultural Service yang berjudul Indonesia Retail Foods Update 2017 menunjukkan fakta ini, disamping destinasi rekreasi masyarakat urban yang semakin bergeser ke gerai – gerai modern/mall dengan fasilitas lengkap.

Di saat yang sama, kami bertemu dengan mama dari dua orang anak Jeremy (14) & Jemima (13) Novita Angie yang memilih untuk melakukan grocery shopping setidaknya dua kali dalam seminggu, “Belanja kebutuhan rumah tangga ini memang jadi salah satu aktivitas yang menyenangkan buat saya, tiba – tiba saya bisa dapat ide segar untuk bikin kue atau masakan buat keluarga,” ungkapnya.

Novita Angie dan keluarga

Novita Angie dan keluarga

Berikut trik belanja “pintar” ala Novita Angie: 

1. Make a list. “Anak – anak juga saya ajari untuk membuat catatan kebutuhan harian yang sudah mulai habis. Cara ini sedikit banyak bisa membantu kami untuk memghemat belanjaan karena mengetahui bahwa persediaan barang masih ada,” tambah wanita berusia 42 tahun tersebut.

2. Belanja mingguan, bukan bulanan. Sebetulnya, poin ini adalah pilihan. Tetapi bagi Angie dan keluarga, berbelanja dalam skala kecil dapat membantunya mencukupi kebutuhan rumah tangga secara detail, “Nggak perlu sediakan budget terlalu besar, toh saya juga melakukan ini sebagian atas dasar ingin rekreasi juga jalan – jalan ke grocery store. Tetapi manfaatnya lumayan juga, saya bisa lebih detail mengingat barang – barang yang seringkali terlupa.”

Women hold the phone to enter the code to get a discount from the store. The concept of providing marketing services on the internet for easy access to information.

3. Manfaatkan promo. Tidak perlu malu menanyakan promo belanja yang sedang berlangsung di store, “Manfaatkan kesempatan tersebut. Lumayan, lho.. berapapun nilainya, potongan diskon yang berlaku dapat dimanfaatkan untuk membayar tagihan lain.”

Dalam acara yang sama, HSBC mengumumkan kembali kerjasamanya bersama The Food Hall, untuk menawarkan program keuntungan belanja, potongan diskon 50% untuk pembelian menu makanan setiap hari Jumat di The Food Hall Kitchen, cash back, hingga hadiah langsung cincin berlian dan emas batangan untuk the best spender, pengguna kartu kredit HSBC yang berbelanja di gerai – geri The Food Hall. Be a smart shopper, yes, you should! (Nathalie Indry/KR/Photo: dok.Smartmama, Istockphoto)

Shares