Relationship

5 Saran Dr. Robin L. Smith Untuk Pernikahan Bahagia

By  | 

Tantangan menjalani kehidupan rumah tangga adalah mempertahankannya. Right, Mamas? Nah, setelah membaca salah satu buku best seller “Lies at the Altar” karya Dr. Robin L. Smith, psikolog yang tampil dalam Oprah Winfrey Show, kami segera ingin menuliskan insightnya untuk Anda. Apa rahasia mempertahankan pernikahan yang bahagia?

robin

1. Mengakui kesalahan. Melalui pengamatan & pengalamannya, Robin mengungkapkan bahwa hampir semua pasangan di seluruh dunia merasa gengsi & egois untuk mengakui kesalahan masing – masing. “Maksimalkan fungsi pillow talk; berkomunikasilah tentang hal apapun. Matikan televisi & perangkat seluler lainnya, fokus untuk bicara dari hati ke hati,” ungkapnya.

2. Mulai hari ini. Langkah pertama adalah melihat kembali kualitas hubungan Anda dengan pasangan. Ungkapkan sejujurnya apakah Anda bahagia dengan relationship ini; jika menemukan keluhan & merasa segan untuk mengungkapkannya, ajak suami untuk ikut menuliskan seberapa besar kualitas hubungan Anda dalam prosesntase tertentu, lalu membahasnya bersama.

tourist in paris at the arch du triomphe

3. Mencintai dengan dewasa. Artinya, sisi penerimaan diri Anda telah utuh. Dalam posisi ini Anda tidak lagi merasa insecure dengan diri sendiri dan lingkungan. Cinta yang Anda rasakan adalah juga tentang memahami & menyayangi sepenuh hati, menghormati, tidak lagi mengharap timbal balik dan aturan khusus untuk membuat diri bahagia.

4. Membuat peta baru. Rekonsiliasi hubungan sangat wajar untuk dilakukan. Justru, menurut Robin, langkah ini menunjukkan bahwa Anda serius ingin mempertahankan pernikahan. Segera buat peta hubungan baru bersama pasangan dan tentukan goal bersama di masa depan. Keberhasilan pernikahan dapat dinilai dari aktifnya kedua pasangan untuk mewujudkan mimpi atau masa depan bersama.

5. Tetap menjadi pribadi yang bahagia. “Kalimat ‘dua orang menjadi satu’ adalah kalimat yang berbahaya jika iu berarti salah satu dari Anda akan menghilang,” tulis Robin. Maknai ulang arti pernikahan bukan sebagai ajang ‘peleburan’, tetapi pasangan dengan dua kepribadian terbaik  yang bahagia untuk mewujudkan pernikahan yang bahagia. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto, Various)

Shares