Health

Makanan Sehat untuk Penguat Rambut Si Kecil

By  | 

Mamas, tahukah Anda, Si Kecil yang memiliki folikel besar akan memiliki rambut tebal. Sedangkan, anak dengan folikel yang kecil akan memiliki rambut halus. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut, termasuk asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

1. Konsumsi banyak buah dan sayuran
Memiliki rambut sehat dan tebal pada anak merupakan keinginan setiap orangtua. Namun, saat ini anak-anak cenderung lebih banyak mengonsumsi junk food serta minuman berkarbonasi. Hal ini menjadi salah satu pemicu rambut mereka mudah rontok dan kering. Berikan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin A agar kesehatan kelenjar kulit anak terjaga. Seringlah memberi mereka jeruk, strawberry, tomat, dan sayuran hijau. Selain memenuhi nutrisi vitamin C, anak juga membutuhkan asupan vitamin E yang berfungsi meningkatkan kualitas pertumbuhan rambut. Pemenuhan vitamin E bisa Anda temukan dalam sayuran berdaun hijau, seperti silika yang meningkatkan kekuatan rambut. Silica berada di dalam alfalfa dan bit.

2. Berikan makanan yang mengandung protein
Telur baik diberikan untuk menu sarapan. Telur dikenal mengandung protein yang tinggi dan berfungsi membantu agar rambut tetap tumbuh tebal dan sehat. Selain itu, telur kaya akan L-sistein, asam amino yang penting untuk kesehatan rambut. Telur juga menyediakan mineral dan vitamin B biotin. Keduanya membantu mencegah kerontokan rambut. Pemenuhan protein juga bisa ditemukan pada daging tanpa lemak, unggas dan ikan.

3. Perbanyak pemberian gandum utuh
Kurangi konsumsi tepung putih seperti roti, spaghetti dan beralihlah ke gandum utuh. Gandum utuh mengandung vitamin B termasuk biotin. Biotin penting dalam memproduksi keratin yang juga sebagai protein rambut. Gandum utuh mengandung inositol yang melindungi folikel rambut, serta vitamin B yang mengatur hormon yang berhubungan dengan pertumbuhan rambut.

4. Berikan makanan dengan asam lemak omega-3
Kandungan asam lemak omega-3 dan asam lemak esensial dapat dijadikan sebagai pengganti lemak jenuh dan penting bagi kesehatan rambut. Asam lemak esensial memang sering ditambahkan ke produk perawatan rambut. Asam lemak omega-6 dapat Anda temukan dalam daging sapi organik, dan asam omega-9 lemak dapat ditemukan dalam minyak zaitun.

5. Berikan makanan dengan zat besi
Si Kecil yang kekurangan zat besi biasanya akan mengalami rontok rambut. Berikan daging sapi, babi dan ayam atau tambahkan sedikit biji bunga matahari, sirup gula, gandum dan oatmeal. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares