Interior Design

9 Tips Mempercantik Ruangan Anda dengan Fiddle-Leaf Fig

By  | 

Di Indonesia, fiddle leaf fig / ficus lyrata, dikenal dengan pohon ara biola. Tanaman ini berasal dari Afrika, dan termasuk tanaman yang elegan dengan daun kaku yang lebar berbentuk biola namun tidak mudah rontok meskipun daunnya sudah tua dan menguning.

Tanaman yang satu ini pas sekali Anda letakkan di salah satu sudut ruangan di rumah Anda. Bahkan, menurut Julie Chai, San Francisco Bay Area editor and garden consultant, perawatannya pun termasuk mudah. Berikut tipnya, seperti dilansir dari Pop Sugar:

Q: Apa yang harus diperhatikan saat menempatkan tanaman ini di sudut rumah?

A: Tanaman ini menyukai sinar, maka pilihlah sudut rumah yang terang oleh sinar matahari sepanjang hari, namun pastikan tak terpapar langsung oleh sinar matahari karena dapat merusak daunnya.

Q: Terkadang timbul bintik cokelat pada daun. Bagaimana mengatasinya agar tak semakin menyebar ke daun yang lain?

A: Bintik coklat bisa mengindikasikan sejumlah masalah, tapi umumnya terkait dengan terlalu banyak atau terlalu sedikit penyiraman, dan salah satunya bisa menyebabkan penyakit. Jadi pastikan banyaknya air dan frekuensi penyiraman tepat.

Q: Jika daun-daunnya mulai berdebu, apakah perlu dibersihkan? Dan apakah memengaruhi kemampuannya dalam menyerap cahaya?

A: Mamas pasti menginginkan agar daun-daunnya tetap bersih. Meskipun daun berdebu dapat memengaruhi kemampuan tanaman Anda untuk menyerap cahaya sampai tingkat tertentu, namun selama debu yang menempel tak terlalu tebal, maka itu tak akan jadi masalah. Yang jadi masalah adalah debu-debu tersebut dapat mengganggu “pernapasan” tanaman, dan juga bisa mengundang jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan hama dan penyakit.

Mamas bisa menyekanya dengan kain katun lembut yang telah dibasahi. Saya bahkan membilas tanaman saya di kamar mandi atau menyemprotnya di luar beberapa kali dalam setahun. Jika Anda melakukan ini, pastikan Anda menggunakan air suam-suam kuku karena tanaman ini tidak menyukai air dingin. Jika Anda membilasnya di luar, lakukan pada saat cuaca hangat dan keringkan tanaman di bawah sinar matahari tidak langsung.

 

Fiddle fig tree

 

Q: Seberapa sering tanaman ini harus disiram?

A: Frekuensi penyiraman tanaman ini tergantung pada peletakan tanaman ini, apakah indoor atau outdoor? Aturan umumnya, untuk daun berukuran ±8, 10, 12, atau 14 inci (ini adalah ukuran umum untuk tanaman ini), maka sirami tanaman secukupnya agar tetap kering di permukaan namun lembab di dalam tanah. Suhu dan kelembaban di rumah Anda akan memengaruhi seberapa cepat tanah mengering. Setelah beberapa minggu, Anda akan dapat mengenali seberapa banyak kebutuhan airnya. Siramilah secara rutin dan Anda mungkin perlu lebih sering melakukannya saat musim panas

Q: Apakah ada cara agar tanaman ini tumbuh dengan banyak cabang daripada meninggi?

A: Tanaman ini biasanya dijual dalam bentuk satu batang dengan bagian batang tertutup dedaunan, atau memiliki banyak cabang, jadi carilah bentuk yang Anda inginkan saat membeli. Ingatlah bahwa tanaman ini tumbuh dengan cepat, jadi pangkas setiap tahun untuk mempertahankan ukuran yang Anda inginkan. Tanaman ini juga akan tumbuh mengikuti datangnya cahaya, jadi putar pohon Anda setiap beberapa minggu untuk menjaga agar bentuknya tetap seimbang.

Q:  Bagaimana bila tiba-tiba daunnya berguguran?

A: Daun yang gugur biasanya karena ia terlalu banyak menyerap air atau justru kekurangan air, terlalu banyak terekspos udara dingin, atau juga terlalu hangat. Jadi yang pertama kali perlu Anda lakukan adalah memastikan bagaimana kondisi lokasinya dan pindah posisi tanaman bila memang diperlukan. Ingatlah bahwa tanaman ini berasal dari tempat tropis yang hangat dan lembab. Kendati tanaman ini cukup mudah tumbuh dan tidak perlu perawatan khusus, namun semakin Anda bisa meniru lingkungan alami mereka, semakin baik pertumbuhannya.

 

patternsandproseccocom

 

Q: Apakah memindahkan tanaman ini ke ruangan lainnya akan berpengaruh pada pertumbuhannya?

A: Mamas bisa memindahkan tanaman tersebut kemana saja di area rumah Anda, hanya saja pastikan tanaman ini tetap mendapatkan sinar matahari tak langsung. Tanaman ini tak sesensitif tanaman ficus lainnya yang akan merontokkan daunnya saat ia tak merasa cocok dengan kondisi sekitar. Yang pasti, tanaman ini tak bisa hidup di daerah dingin, melainkan di suhu yang hangat.

Q: Bagaimana jika akar tanaman mulai keluar melalui bagian bawah pot atau muncul di atas tanah?

A: Jika Anda sudah memiliki tanaman ini setahun atau lebih dan mendapati banyak akar merayap keluar dari dasar pot, maka saatnya bagi Anda untuk mengganti pot tanaman menjadi lebih besar atau memotong akar-akarnya. Tak perlu khawatir, keduanya sangat mudah dilakukan.

Untuk mengganti pot, bawalah tanaman ini ke luar rumah, dan alasi terpal di bagian bawahnya. Perlahan lepaskan tanaman dari pot. Jika tanamannya besar, Anda mungkin butuh bantuan dari orang lain untuk melakukan hal ini. Jangan menarik atau memaksa tanaman keluar dari potnya. Jika tidak dapat dikeluarkan dengan mudah, maka Anda perlu membongkar potnya agar dapat melepaskan tanaman tersebut. Kemudian, tanam kembali dalam pot yang beberapa inci lebih besar dari yang sebelumnya, dan isi dengan tanah baru yang segar.

Jika Anda ingin mempertahankan tanaman ini dalam wadah yang sama, Anda dapat memangkas akarnya. Caranya, keluarkan tanaman dari potnya, posisikan tegak lurus dan gunakan pemangkas tanaman atau pisau tajam (bukan yang Anda gunakan di dapur) untuk mengiris sekitar satu inci root ball (akar utama) di sekelilingnya. Setelah pemangkasan, masukkan kembali ke pot, dan isi dengan tanah baru.

Q: Apa saja tip membeli tanaman ini?

A: Saat membeli, cari tanaman yang sehat yang memiliki daun hijau tanpa perubahan warna, tanda hama atau penyakit, atau akar yang keluar dari dasar pot. Jangan segan untuk memeriksa tanaman ini dengan melihatnya dari dekat. (Tammy Febriani/YA/Photo: Adrian Busse for Pop Sugar, patternsandprosecco.com, style at home)

Shares