Beauty & Style

5 Makanan untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

By  | 

Memilih makanan sehat bukan hanya untuk diet dan menurunkan berat badan, Mams. Berikut lima makanan yang wajib Anda konsumsi untuk mendapatkan kulit dan rambut yang lebih sehat dan bercahaya! 

1. Alpukat dan Minyak Zaitun. Alpukat merupakan sumber sangat baik dari vitamin E dan lemak sehat, selain mengandung serat dan vitamin C. Vitamin E adalah antioksidan larut dalam lemak yang ditemukan memiliki kualitas photoprotective. Ini berarti vitamin E mampu memberikan perlindungan terhadap radiasi sinar UV dan juga mencegah peradangan, serta kerusakan kulit yang disebabkan sinar UV. Selain menjadi sumber vitamin E, minyak zaitun juga kaya senyawa polifenol yang merupakan antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas sehingga efektif pula mencegah penuaan dini. Karena memiliki manfaat besar pada kulit, vitamin E banyak terkandung dalam berbagai produk kosmetik dan perawatan kulit.

2. Sayuran Hijau. Sayuran hijau (bayam, kangkung, sawi, dll) merupakan sumber fitonutrien yang luar biasa. Secara khusus, bayam menawarkan dua nutrisi, lutein dan beta-karoten, yang terbukti mampu mempromosikan elastisitas kulit. Sayuran hijau juga menyediakan vitamin C, antioksidan kuat yang membantu memperbaiki kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan racun dari lingkungan.Vitamin C juga membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga mampu meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

3. Makanan yang Difermentasi. Banyak kondisi kulit (termasuk jerawat) disebabkan oleh usus yang tidak sehat, yang tidak dapat mencerna makanan serta tidak mampu menyerap nutrisi secara optimal.Makanan fermentasi mengandung bakteri sehat sehingga memungkinkan usus berfungsi lebih baik dan meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan karena menyuplai probiotik, vitamin dan enzim. Beberapa penelitian juga menyimpulkan rosacea dan kondisi kulit lainnya dipicu oleh usus yang meradang dan tidak sehat. Glutathione (GSH) adalah produk sampingan fermentasi sekaligus merupakan antioksidan kuat.

4. Kacang-kacangan. Kacang-kacangan diketahui kaya kandungan asam lemak omega, vitamin, antioksidan dan mineral. Berbagai kacang-kacangan mengandung selenium, yang ditemukan sangat bermanfaat untuk rambut dan kulit kepala, terutama rambut kering atau rawan ketombe. Seperti alpukat dan minyak zaitun, kacang-kacangan adalah sumber vitamin E, yang memiliki semua manfaat yang telah disebutkan sebelumnya. Biji labu merupakan sumber seng yang terbukti bermanfaat meringankan jerawat.

5. Telur. Kuning telur mengandung nutrisi sangat penting yang disebut biotin, yang merupakan Vitamin B (B7). Rendahnya tingkat biotin dapat menyebabkan kuku rapuh dan rambut rontok, sehingga kecukupan biotin mutlak diperlukan. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares