Health

Apakah Si Kecil Terlalu Banyak Mengonsumsi Orange Juice?

By  | 

Q: Hai Smart Mama,

Saya memiliki seorang anak balita yang sangat menyukai orange juice. Bahkan ia mengonsumsinya setiap hari. Walau saya sendiri yang membuat orange juice tersebut, dan terbuat dari bahan-bahan alami, namun berbahayakah bagi pencernaannya bila dikonsumsi setiap hari?

Agatha, 29 tahun, mama dari Azalea, 4 tahun.

 

 

Girl drinking glass of milk

 

 A: Hai Mam Agatha,

Ini jelas bukan masalah kesehatan terbesar yang akan dihadapi Azalea, tapi bila ia sama sekali tidak minum apa-apa selain jus jeruk, tentunya memang dapat menyebabkan beberapa masalah, termasuk peningkatan risiko obesitas, kerusakan gigi, diare, dan masalah gastrointestinal lainnya, seperti gas yang berlebihan dan perut yang tidak nyaman. Bahkan American Academy of Pediatrics sempat mengeluarkan sebuah report berjudul The Use and Misuse of Fruit Juice in Pediatrics.

American Academy of Pediatrics sendiri menganjurkan agar anak-anak berusia antara satu hingga enam tahun minum tidak lebih dari 4 sampai 6 ons 100 persen jus buah pasteurisasi setiap hari. Alih-alih minum lebih banyak jus, anak-anak harus didorong untuk makan buah utuh. Saat anak haus, mereka seharusnya ditawari air mineral untuk diminum.

Dr. Rallie McAllister, MD, mengatakan bahwa jus sangatlah manis, sehingga banyak anak menyukai rasanya. Tapi saat anak-anak minum terlalu banyak jus, perut mereka akan merasa kenyang dan kemudian tidak memiliki selera makan yang baik untuk makanan bergizi lainnya. Selain itu, jus tersebut memasok banyak kalori dari gula yang terkandung didalamnya, bukan dari lemak dan protein, yang penting bagi kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangannya.

Jika Mam Agatha ingin mengurangi konsumsi jus Si Kecil, mulailah dengan menawarkan air atau susu sebelum Anda memberinya jus. Jika ia tidak mau meminum minuman lain selain ini, Anda mungkin dapat mengurangi kandungan gula atau memperbanyak campuran air pada jus jeruknya. Cara ini akan mengurangi kadar gula dan kalori dalam jus yang disajikan. Lakukan secara bertahap dan konsisten, dengan begitu Anda dapat membantunya melakukan peralihan dari jus ke minuman lain, seperti air dan susu, tanpa menimbulkan banyak tekanan bagi Anda berdua. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares